> >

Amanat Jokowi untuk TNI: Bersama Rakyat TNI akan Kuat

Peristiwa | 5 Oktober 2022, 09:04 WIB
Presiden Joko Widodo meminta kepada jajaran TNI dan Polri bersinergi mensukseskan berbagai agenda nasional. (Sumber: Tangkapan Layar Youtube Setpres/Ninuk)

JAKARTA, KOMPAS.TV- Presiden Joko Widodo meminta kepada jajaran TNI  untuk memelihara kemanunggalan bersama rakyat. Sebab, TNI akan menjadi kuat jika memelihara kemanunggalan.

“Peliharalah kemanunggalan TNI dengan rakyat, karena bersama rakyat TNI akan kuat,” ujar Jokowi dalam  amanat Presiden Jokowi dalam Peringatan Hari Ulang Tahun ke-77 TNI di Istana Merdeka, Jakarta, Rabu (5/10/2022).

“Terakhir, ingat selalu sifat-sifat prajurit, prajurit itu pantang menyerah, selalu tabah, selalu loyal, selalu tulus, dan selalu rela berkorban untuk kejayaan dan kemajuan rakyat Indonesia dan negara kesatuan Republik Indonesia.”

Jokowi juga meminta TNI bersinergi dengan kepolisian. Mulai dengan mendukung penanganan krisis pangan, krisis energi hingga krisis finansial.

 

“Bantu kemandirian pangan, pengendalian inflasi, jaga pertahanan dan keamanan agar masyarakat bisa berkarya optimal dalam menghadapi berbagai macam tantangan-tantangan yang ada,” ujar Jokowi.

Jokowi lebih lanjut juga mendorong TNI terus meningkatkan profesionalitas di tengah tantangan bangsa yang sangat kompleks.

Baca Juga: Eks Anggota Konsorsium 303 Buka Suara: Setoran Rutin Sampai Puluhan Miliar, kalau Tidak Ditangkap

“Saya minta TNI tetap harus meningkatkan profesionalitasnya. TNI harus terus secara bertahap melanjutkan pemenuhan minimum essential force,” ujar Jokowi.

“Pembangunan kekuatan perlu terus selaras dengan pembangunan nasional, dan program bela negara perlu dilanjutkan sesuai prinsip-prinsip demokrasi untuk mempertahankan kelangsungan hidup berbangsa dan bernegara sesuai Pancasila dan undang-undang Dasar 1945.”

Penulis : Ninuk Cucu Suwanti Editor : Iman-Firdaus

Sumber : Kompas TV


TERBARU