> >

Komnas HAM Sebut Menpora Bertanggung Jawab secara Sosial Politik atas Tragedi Kanjuruhan

Hukum | 13 Oktober 2022, 06:15 WIB
Wakil Ketua Eksternal Komnas HAM Amiruddin. Ia menyebut Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) bertanggung jawab secara sosial politik atas Tragedi Kanjuruhan. (Sumber: Kompas.com)

JAKARTA, KOMPAS.TV - Wakil Ketua Eksternal Komisi Nasional Hak Asasi Manusia (Komnas HAM) Amiruddin menyebut Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) bertanggung jawab secara sosial politik atas tragedi Kanjuruhan.

"Siapa yang bertanggung jawab secara sosial politik? Kalau kita mengacu kepada Undang-Undang Keolahragaan, yang bertanggung jawab ya Menteri Olahraga," kata Amiruddin di program Sapa Indonesia Malam KOMPAS TV, Rabu (12/10/2022).

"Menteri Olahraga harus ditanya, supaya kita tahu manajemen keolahragaan itu betul-betul berjalan dengan baik," jelasnya.

Ia juga mendorong agar penyidikan atas Tragedi Kanjuruhan tak hanya terbatas pada pihak-pihak yang berada di lapangan.

"Penyidikan pidananya jangan hanya terbatas kepada yang ada di lapangan, (tapi) yang paling bertanggung jawab dalam peristiwa ini siapa sebetulnya," ujarnya.

Baca Juga: Komnas HAM Tepis Temuan Miras di Kanjuruhan: Botol Plastik Aja Dilarang, Apalagi Botol Kaca

Amiruddin menerangkan, Komnas HAM turut berperan dalam melakukan investigasi Tragedi Kanjuruhan untuk memastikan hak asasi manusia (HAM) korban untuk tahu, terpenuhi.

"Komnas HAM itu posisinya kan dalam rangka agar hak asasi manusia dipenuhi. Fokus Komnas HAM itu pemenuhan hak korban untuk tahu, mengapa peristiwa itu terjadi," ujarnya.

Ia menyebut, hasil investigasi Komnas HAM bisa menjadi tambahan untuk penyidik maupun bagian dari keterbukaan penyidikan tragedi yang menewaskan setidaknya 132 orang itu.

"Hasil investigasi Komnas HAM bisa menjadi tambahan untuk penyidik atau bagian dari mengungkap fairness atau keterbukaan dari penyidikan peristiwa ini," ungkapnya.

Penulis : Nadia Intan Fajarlie Editor : Vyara-Lestari

Sumber : Kompas TV


TERBARU