> >

Satu Pasien Anak Kasus Gagal Ginjal Akut di Kulon Progo Membaik, Sudah Pulang

Kesehatan | 26 Oktober 2022, 10:36 WIB
Ilustrasi. Apakah gagal ginjal akut pada anak bisa disembuhkan? Berikut penjelasannya (Sumber: Kompas.com)

JAKARTA, KOMPAS.TV - Kasus penderita gagal ginjal akut pada anak juga ditemukan di Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY).

Dinas Kesehatan Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta mengatakan ada satu kasus gagal ginjal akut yang pernah ditangani. Saat ini pasien tersebut sudah pulang dari rumah sakit.

Kepala Dinkes Kulon Progo Sri Budi Utami mengungkapkan, balita tersebut kondisinya baik dan sudah pulang dari rumah sakit.

"Saat ini kondisi anak baik dan sudah pulang (dari rumah sakit)," kata Sri Budi, dilansir Kompas.com, Selasa (25/10/2022).

Baca Juga: Menteri Kesehatan Pastikan Obat Gagal Ginjal Anak Gratis untuk Seluruh Pasien

Diketahui, kasus gagal ginjal akut banyak menyerang anak-anak usia 6 bulan-18 tahun. Jumlahnya terus meningkat dalam dua bulan terakhir. Paling banyak didominasi usia 1-5 tahun.

Sri Budi mengungkapkan, sebelumnya satu penderita ini sempat masuk ke RSUD Wates. Namun karena kondisinya, ia kemudian dirujuk ke RS Sardjito.

Setelah kasus itu, belum ditemukan lagi kasus serupa saat ini di fasilitas pelayanan kesehatan atau Fasyankes pada wilayah Kulon Progo.

"Sampai saat tidak ada yang menemukan atau merawat pasien gagal ginjal akut pada anak," kata Sri Budi.

Pemerintah lantas mengimbau masyarakat waspada. Masyarakat mesti segera melaporkan bila menemukan anak yang sakit dengan gejala mengarah ke penyakit gagal ginjal akut.

Penulis : Dian Septina Editor : Iman-Firdaus

Sumber : Kompas TV


TERBARU