> >

Kemenko PMK Imbau Masyarakat Waspadai Covid-19 Subvarian Baru

Update corona | 7 November 2022, 05:35 WIB
ilustrasi Covid-19. (Sumber: kompas.com)

YOGYAKARTA, KOMPAS.TV - Kementerian Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Kemenko PMK) mengimbau masyarakat mewaspadai Covid-19 subvarian baru Omicron XBB dan XBB.1.

"Masyarakat perlu tetap waspada, namun tidak perlu panik berlebihan," kata Deputi Bidang Koordinasi Peningkatan Kualitas Kesehatan dan Pembangunan Kependudukan Kemenko PMK Agus Suprapto ketika dihubungi dari Jakarta dikutip dari Antara, Minggu (6/11/2022).

Diketahui, menurut data dari Kemenkes, total kasus Covid-19 subvarian baru Omicron XBB dan XBB.1 di Indonesia sebanyak 12 orang.

Dua kasus merupakan perjalanan luar negeri yaitu dari Singapura, dan 10 kasus transmisi lokal.

"Masyarakat tentu harus menyikapinya dengan memperkuat prokes, karena subvarian baru itu dilaporkan cepat menular," jelasnya.

Baca Juga: Kasus COVID-19 di Bengkulu Kembali Tinggi

Agus menjelaskan, belum ada bukti bahwa subvarian ini lebih berbahaya secara klinis dari varian atau subvarian sebelumnya.

"Namun bagi mereka yang belum vaksin, mereka yang memiliki komorbid dan mereka yang merupakan kelompok rentan harus tetap mewaspadainya, tingkatkan terus disiplin protokol kesehatan," ujarnya.

Sejauh ini Kemenko PMK juga terus mengingatkan pemerintah daerah untuk memantau cakupan vaksinasi di wilayahnya masing-masing.

"Edukasi mengenai pentingnya vaksinasi Covid-19 di tengah peningkatan kasus menjadi prioritas penting yang harus dilakukan," katanya.

Penulis : Kiki Luqman Editor : Hariyanto-Kurniawan

Sumber : Antara


TERBARU