> >

Jokowi Pamer Capaian Indonesia dalam B20 Summit, Apa Saja?

Peristiwa | 14 November 2022, 18:13 WIB
Presiden Joko Widodo (Jokowi) hadir di B20 Summit Indonesia 2022, Senin (14/11/2022). (Sumber: Kompas TV)

JAKARTA, KOMPAS.TV - Presiden Joko Widodo (Jokowi) memamerkan sejumlah capaian Indonesia dalam perhelatan B20 Summit Indonesia 2022 di Bali, Senin (14/11/2022).

Di hadapan para pimpinan negara, CEO, dan segenap pemimpin bisnis dari berbagai perusahaan multinasional, Jokowi memaparkan tiga strategi besar Indonesia untuk memulihkan kondisi ekonomi, berikut capaian yang telah dilakukan.

Mulanya, Jokowi memaparkan bahwa angka inflasi Indonesia masih bisa dikendalikan karena masih di angka 5,7 persen di bulan Oktober. 

Baca Juga: Bahas Soal Usaha Mikro, Pesan Jokowi dalam Pidato di B20 Summit: yang Kecil Jangan Ditinggal

Jokowi juga pamer pernyataan Direktur Pelaksana International Monetary Fund (IMF) Kristalina Georgieva yang mengatakan bahwa Indonesia menjadi salah satu titik terang di tengah kesuraman ekonomi dunia.

“Oleh sebab itu perlu strategi besar yang sudah sering saya sampaikan, itu secara konsisten terus kita jalankan,” kata Jokowi, Senin.

Hilirisasi Industri

Hilirisasi industri merupakan strategi yang dilakukan untuk meningkatkan nilai tambah komoditas yang dimiliki. Komoditas yang diekspor bukan lagi berupa bahan baku, tetapi berupa barang setengah jadi atau barang jadi.

Jokowi mengatakan, hilirisasi industri di Indonesia dimulai dari komoditas nikel. Nantinya, nikel akan dibuat menjadi baterai, termasuk baterai mobil listrik.

“Sudah kita mulai dengan nikel dalam membangun sebuah ekosistem besar, TV Baterai, baterai listrik untuk mobil listrik,” ujar Jokowi.

Dia bahkan sudah mengajak Perdana Menteri Australia Anthony Albanese untuk bekerja sama, di mana Australia akan menyediakan litium.

Penulis : Fiqih Rahmawati Editor : Purwanto

Sumber : Kompas TV


TERBARU