> >

Bantuan Logistik Korban Gempa Cianjur akan Disesuaikan dengan Permohonan Kecamatan Terdampak

Sosial | 27 November 2022, 13:32 WIB
Distribusi bantuan. Distribusi bantuan logistik untuk warga korban gempa bumi di Cianjur, Jawa Barat, akan disesuaikan dengan permohonan dari kecamatan terdampak. (Sumber: BNPB)

KOMPAS.TV – Distribusi bantuan logistik untuk warga korban gempa bumi di Cianjur, Jawa Barat, akan disesuaikan dengan permohonan dari kecamatan terdampak.

Hal itu disampaikan oleh Koordinator Tim Penerima Logistik Pemerintah Kabupaten Cianjur, Ruby, melalui keterangan tertulis Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Minggu (27/11/2022).

Menurutnya, proses awal adalah pihak kecamatan mengajukan permohonan, kemudian tim logistik akan melakukan verifikasi sebelum mendistribusikan bantuan.

“Permohonan dari kecamatan lebih dulu diverifikasi oleh tim logistik di posko utama pendopo bupati, kemudian kami cek di gudang dan distribusikan sesuai kebutuhan yang diajukan,” jelas dia, Sabtu (27/11/2022).

Baca Juga: Beginilah Situasi di Dapur Umum Posko Pengungsian Mangunkerta!

Meski demikian, lanjut Ruby, jika ada bantuan yang bersifat urgent, akan langsung didata dan disalurkan ke lokasi terkait.

“Tetapi kami juga fleksibel dalam kondisi urgent, jika ada permohonan mendesak dan segera harus dikirimkan, kami langsung data dan kirimkan ke lokasi,” lanjut dia.

Ruby juga mengapresiasi dukungan BNPB dalam membantu mobilisasi bantuan logistik ke kecamatan terdampak.

“Pada hari pertama sampai ketiga pascagempa cukup sulit untuk disalurkan ke kecamatan, namun saat ini distribusi bantuan didukung oleh mobil pick up dan truk dari BNPB,” tutur Ruby.

“Proses distribusi sampai ke kecamatan sudah jauh lebih baik,” ungkapnya.

Penulis : Kurniawan Eka Mulyana Editor : Purwanto

Sumber : Kompas TV


TERBARU