> >

Perdana! Bharada E jadi Saksi di Sidang Terdakwa Kuat Maruf dan Ricky Rizal

Update | 30 November 2022, 11:01 WIB
Terdakwa kasus pembunuhan Brigadir J, Richard Eliezer (Bharada E), menjadi saksi dalam sidang terdakwa Ricky Rizal dan Kuat Maruf, Rabu (30/11/2022). (Sumber: Tangkapan layar KOMPAS TV)

JAKARTA, KOMPAS.TV - Terdakwa kasus pembunuhan berencana Brigadir J atau Nofriansyah Yosua Hutabarat, Richard Eliezer (Bharada E), menjadi saksi dalam sidang terdakwa Ricky Rizal dan Kuat Ma'ruf, Rabu (30/11/2022).

Sekitar pukul 09.40 WIB, Bharada E, Ricky, dan Kuat, tiba di Pengadilan Negeri (PN) Jakarta Selatan.

Sekitar pukul 10.00 WIB, Bharada E bersumpah di dalam ruang sidang utama di hadapan majelis hakim, jaksa penuntut umum (JPU), penasihat hukum, dan dua terdakwa lainnya.

Berdasarkan laporan jurnalis Kompas TV Ni Putu Trisnanda di PN Jakarta Selatan, sidang konfrontir ini akan mengulik perbedaan keterangan tiga terdakwa yang tertuang di dalam berita acara pidana (BAP) masing-masing.

Menurut pengacara Bharada E, Ronny Talapessy, salah satu poin yang akan digali dalam sidang ini ialah tentang sarung tangan hitam yang dikenakan Ferdy Sambo.

Sarung tangan hitam tersebut menjadi penting karena akan memengaruhi pasal yang didakwakan kepada eks Kadiv Propam Polri itu.

Sebagaimana telah diberitakan KOMPAS.TV sebelumnya, dalam sidang Ferdy Sambo dan Putri Candrawathi pada Selasa (29/11/2022), pengadilan menampilkan rekaman CCTV dari JPU. 

Baca Juga: Momen Ronny Talapessy Cecar Pertanyaan ke Saksi Susanto soal Senjata Api Bharada E dan Ferdy Sambo

Ni Putu melaporkan, dalam video tersebut, terlihat satu tangan Ferdy Sambo yang berada di sisi kiri tidak menggunakan sarung tangan berwarna hitam. Sementara tangan kanannya dimasukkan ke dalam saku celana, sehingga tidak terlihat secara jelas di dalam CCTV.

Dalam rekaman video CCTV yang diputar di persidangan juga terlihat ajudan Sambo bernama Adzan Romer sigap berlari menghampiri atasannya itu turun dari mobil.

Penulis : Nadia Intan Fajarlie Editor : Desy-Afrianti

Sumber : Kompas TV


TERBARU