> >

Hasil 2 Lembaga Survei: Elektabilitas Ganjar dan Anies Teratas, Prabowo Merosot

Politik | 23 Desember 2022, 08:52 WIB
Arsip foto Ganjar Pranowo, Prabowo Subianto dan Anies Baswedan. Masing-masing dari ketiga sosok itu telah ditetapkan oleh partai sebagai bakal capres 2024. (Sumber: Kompas.com)

JAKARTA, KOMPAS TV - Hasil dua lembaga survei di Indonesia menunjukkan kalau elektabilitas Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo menempati peringkat pertama. Lalu, diikuti bakal capres Partai Nasdem Anies Baswedan di tempat kedua. 

Sementara, tren elektabilitas Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto merosot ke tempat ketiga. 

Pertama, survei terbaru Poltracking Indonesia dalam simulasi 20 nama, Ganjar meraih elektabilitas tertinggi dengan 28,3 persen, disusul Anies 24,9 persen, dan Prabowo 23,1 persen. 

Baca Juga: Survei Poltracking: Elektabilitas Ganjar Masih Kokoh di Puncak, Anies Salip Prabowo

"Anies dan Prabowo ini sangat tipis. Tapi ada pergeseran dibanding survei sebelumnya. Kalau di survei sebelumnya Prabowo nomor dua, sekarang bergeser di Anies Baswedan," kata Direktur Eksekutif Poltracking Indonesia Hanta Yuda saat merilis hasil survei secara daring, Kamis (22/12/2022).

Dalam simulasi 20 nama, nama bakal capres sisanya meraih tingkat elektabilitasnya di bawah 3 persen, mulai dari Puan Maharani, Ridwan Kamil, Erick Thohir, Khofifah Indar Parawansa, Agus Harimurti Yudhoyono, Airlangga Hartarto, hingga Listyo Sigit Prabowo. 

Sementara itu, dalam simulasi lima nama, Ganjar masih bertahan di posisi pertama dengan tingkat elektabilitas 30,6 persen.

Kemudian Anies di posisi kedua dengan 27,2 persen, dan Prabowo di urutan ketiga dengan 26,9 persen.

Posisi keempat diraih Puan dengan 3,4 persen, lalu Airlangga di posisi kelima denga elektabilitas 1,5 persen. 

Survei Poltracking ini dilaksanakan terhadap 1.220 responden, dengan wawancara tatap muka pada 21-27 November 2022 .

Penulis : Fadel Prayoga Editor : Desy-Afrianti

Sumber : Kompas TV


TERBARU