> >

Pendaftaran Kartu Prakerja Akan Dibuka Awal 2023, Insentif Naik, Ini Syaratnya

Sosial | 2 Januari 2023, 07:18 WIB
Pendaftaran Kartu Prakerja akan dibuka kembali pada kuartal pertama 2023. (Sumber: prakerja.go.id)

JAKARTA, KOMPAS.TV - Pendaftaran Kartu Prakerja 2023 akan dibuka pada kuartal pertama tahun ini. Hal itu disampaikan oleh Pelaksana Kartu Prakerja William Sudhana.

Kartu Prakerja adalah program pemerintah yang dibuat untuk mengurangi dampak Covid-19 terhadap tenaga kerja Indonesia yang di-PHK maupun yang membutuhkan peningkatan kompetensi.

Program Kartu Prakerja sudah dimulai sejak 2020 dan akan berlanjut pada 2023. Hal itu merujuk pada pernyataan  Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto sebelumnya.

"Mengutip pernyataan dari Pak Menko (Perekonomian Airlangga Hartarto) pada talkshow di TVRI, Prakerja 2023 akan dimulai di Q1 2023 dengan skema normal," ujar William Minggu, (1/1/2023) dikutip dari Kompas.com.

Baca Juga: Program Kartu Prakerja Ajak Mahasiswa Berkarya

Adapun kapan tepatnya pendaftaran Kartu Prakerja 2023, William mengatakan Manajemen Pelaksana Program Kartu Prakerja (MPPKP) masih menunggu arahan lebih lanjut. 

"Seperti kata Pak Menko, TBA (To be announced). Jadi mohon ditunggu kabar lebih lanjut ya," ujarnya. 

Pada pendaftaran Kartu Prakerja 2023 ini ada beberapa perubahan, termasuk insentif yang naik. 

 

Dilansir dari laman Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian, besaran bantuan yang diterima tiap peserta yang sebelumnya Rp3,55 juta menjadi Rp4,2 juta per individu. 

Penulis : Dian Nita Editor : Desy-Afrianti

Sumber : Kompas TV, Kompas.com


TERBARU