> >

Jokowi Tak Kenakan Masker saat Tinjau Pasar Tanah Abang, Menkes: Beliau Mungkin Merasa Sehat

Kesehatan | 2 Januari 2023, 20:07 WIB
Menteri Kesehatan, Budi Gunadi Sadikin, menanggapi pertanyaan mengenai Presiden RI, Jokowi yang tidak mengenakan masker saat meninjau Pasar Tanah Abang. (Sumber: Kompas TV)

JAKARTA, KOMPAS.TV – Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin menanggapi pertanyaan mengenai Presiden RI, Joko Widodo (Jokowi) yang tidak mengenakan masker saat meninjau Pasar Tanah Abang, Jakarta, Senin (2/1/2023).

Menurut Budi, Presiden ingin menunjukkan bahwa partisipasi dan kesadaran masyarakat sangat penting.

“Kembali lagi, Bapak Presiden menunjukkan  bahwa memang partisipasi masyarakat, kesadaran masyarakat itu penting,” jelas dia di Kompleks Istana Kepresidenan, Senin.

“Beliau mungkin merasa sehat. Saya nggak tahu apakah pasarnya terbuka atau tertutup. Kalau itu terbuka, beliau merasa, ‘Ah aman-aman saja’,” tuturnya.

Dalam kesempatan itu, Budi menjelaskan, pihaknya menganjurkan pada masyarakat untuk mengenakan masker saat berada di ruangan yang sempit dan kerumunan.

Baca Juga: Kunjungan Jokowi ke Pasar Tanah Abang, Warga Antusias dan Berebut Bahan Pokok yang Dibagikan!

“Balik lagi pemakaian masker kita anjurkan untuk di ruangan yang sempit dan kerumunan. Tetapi sekali lagi ini kita kembalikan ke masyarakat.”

“Kalau masyarakat merasa sehat, di udara terbuka kayak gini, nggak perlu (pakai masker) nggak apa-apa,” tegas dia.

Budi menambahkan, saat ini pemerintah berusaha mengurangi intervensi kepada masyarakat, dan meningkatkan partisipasi mereka.

“Jadi kesadaran masyarakat untuk mengukur sendiri.”

Penulis : Kurniawan Eka Mulyana Editor : Purwanto

Sumber : Kompas TV


TERBARU