> >

Kapendam Cenderawasih: KST Kembali Sebar Berita Hoaks di Media Sosial, soal Pilot Susi Air

Peristiwa | 11 Februari 2023, 09:28 WIB
Tangkapan layar dari pesawat milik maskapai Susi Air yang diduga di bakar di Landasan Terbang Paro, Distrik Paro, Kabupaten Nduga, Papua Pegunungan, Selasa (7/2/2023). (Sumber: Kompas TV)

JAYAPURA, KOMPAS.TV – Kelompok Separatis Teroris (KST) atau Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) kembali menyebar berita hoaks di media sosial, dengan menampilkan warga negara asing (WNA) yang dinarasikan sebagai pilot Susi Air Philip Mark Mehrtens, Sabtu (11/2/2023).

Kepala Penerangan Komando Daerah Militer (Kapendam) XVII/Cenderawasih Kolonel Herman Taryaman, menjelaskan hal itu melalui keterangan tertulis.

“Tak pernah jera, untuk sekian kalinya gerombolan KST dan simpatisannya kembali menyebarkan berita hoax di media sosial, Sabtu (11/2/2023),” tulis Kapendam.

Dalam medsos, kata Herman, bule tersebut terlihat berada di tengah-tengah sekelompok pria yang menggenggam senjata laras panjang.

Baca Juga: KSAD Kirim Prajurit Bantu Selamatkan Pilot Susi Air yang Diduga Disandera KKB Papua

Sang bule yang mengenakan celana hingga selutut tersebut juga terlihat memegang tiang bendera Bintang Kejora.

“Yakni menampilkan seorang WNA memegang tiang bendera bintang kejora yang dengan narasi WNA tersebut sebagai Pilot Susi Air yaitu Philip Mark Mehrtens WNA dari Selandia Baru Susi Air yang beberap hari lalu, Selasa (7/2/2023) dibakar oleh gerombolan KST.”

Namun, lanjut Kolonel Herman, setelah pihaknya melakukan penelisikan, gambar WNA yang ditampilkan tersebut merupakan berita tahun lalu, tepatnya Kamis (24/2/2022).

Kolonel Herman menyayangkan adanya peyebaran berita hoaks tersebut, karena hingga kini pilot Susi Air Philip Mark Mehrtens masih dalam proses pencarian.

“Masih dalam prroses pencarian aparat keamanan untuk diselamatkan dan dievakuasi dari penyanderaan gerombolan KST di wilayah Nduga.”

Penulis : Kurniawan Eka Mulyana Editor : Gading-Persada

Sumber : Kompas TV


TERBARU