> >

Cara Menghadapi Pelaku Gaslighting, Berikut Ciri-Ciri Anda Sedang Dimanipulasi

Gaya hidup | 27 Februari 2023, 15:54 WIB
Ilustrasi. Apa itu gaslighting? Bagaimana ciri-ciri pelaku gaslighting? Dan bagaimana cara menghadapi pelaku gaslighting. (Sumber: Pixabay/geralt)

YOGYAKARTA, KOMPAS.TV - Gaslighting merupakan istilah yang tak jarang didiskusikan belakangan ini. Seseorang tanpa sadar bisa menjadi korban gaslighting.

Lalu, apa itu gaslighting? Bagaimana ciri-ciri pelaku gaslighting? Dan bagaimana cara menghadapi pelaku gaslighting.

Psikolog klinis Welas Asih Healing & Development Center, Fika Nadia Tirta Maharani menyebut gaslighting bisa dikategorikan sebagai kekerasan psikis dan emosional. Ia menyebut tindakan gaslighting memuat manipulasi secara negatif terhadap orang lain.

Baca Juga: Jadi Word of the Year 2022, Apa Arti Gaslighting? Simak Tanda-Tanda Anda Jadi Korban Gaslighting

Fika menerangkan, proses gaslighting membuat korban mempertanyakan kebenaran realitas, ingatan, atau sudut pandangnya.

“Orang yang diberikan gaslighting ini merasa bingung, memiliki harga diri rendah, kurang percaya diri, dan bergantung pada gaslighter,” kata Fika dikutip laman resmi Universitas Airlangga.

Menurut Fika, gaslighter atau seseorang yang melakukan gaslighting umumnya tidak menyukai konfrontasi dan tidak suka dikritik.

Hal tersebut membuat gaslighter umumnya sengaja lupa atau menyangkal ketika dihadapkan suatu fakta dengan bukti rasional. Gaslighter juga cenderung melakukan blocking, meminta orang lain tidak membicarakan suatu topik yang membuatnya merasa diserang.

Selain itu, gaslighter umum melakukan diverting atau mengallihkan topik sembari menyalahkan korban gaslighting.

Gaslighter juga akan selalu meng-attack atau menyerang karakteristik seseorang dibandingkan dengan mengkritisi perilaku atau tindakan. Ketika sudah menyerang karakter seseorang, itu menjadi red flag bahwa itu bisa menjadi indikasi gaslighting,” kata Fika.

Cara menghadapi pelaku gaslighting

Penulis : Ikhsan Abdul Hakim Editor : Purwanto

Sumber : Kompas TV


TERBARU