> >

Seratusan Anak Korban Kebakaran Depo Pertamina Plumpang Wisata ke Kapal Perang

Update | 8 Maret 2023, 15:58 WIB
Sekitar seratus anak korban kebakaran Depo Pertamina Plumpang berwisata ke KRI Banda Aceh 593 di Markas Komando Kolinlamil, Tanjung Priok, Jakarta Utara, Rabu (8/3/2023). (Sumber: Tangkapan layar video Kompas TV/Nadia)

JAKARTA, KOMPAS.TV - Sekitar seratus anak korban kebakaran Depo Pertamina Plumpang berwisata ke Kapal Perang Republik Indonesia atau KRI Banda Aceh 593 di Markas Komando Kolinlamil, Tanjung Priok, Jakarta Utara, Rabu (8/3/2023).

"Kami berkolaborasi dan bekerja sama untuk sedikit memberikan kebahagiaan kepada mereka atau trauma healing," kata Komandan Satlinlamil I Kolonel Laut (P) Yohanes Upang, Rabu (8/3).

Yohanes menyebut, rekreasi bertema "Kembalikan Senyum Mereka" itu diprakarsai oleh Panglima Kolinlamil Laksamana Muda TNI Yayan Sofiyan.

Berdasarkan laporan jurnalis Kompas TV Nizar Ramadika di lokasi, anak-anak tampak bergembira dengan bernyanyi dan menari bersama psikolog dari Pusat Psikologi Mabes TNI dan Dinas Psikologi Angkatan Laut.

Bahkan, anak-anak yang sebagian masih tinggal di tenda pengungsian tersebut juga berkesempatan menaiki KRI Banda Aceh 593.

Baca Juga: Pengungsi Korban Kebakaran Depo Pertamina Plumpang dapat Layanan Administrasi Kependudukan

Dengan pendampingan dari sejumlah anggota TNI, anak-anak itu menyusuri sejumlah tempat di dalam kapal, di antaranya gladak helikopter, gladak isyarat, dan anjungan atau ruang kemudi.

Anak-anak korban kebakaran Depo Pertamina Plumpang berwisata ke KRI Banda Aceh 593 di Markas Komando Kolinlamil, Tanjung Priok, Jakarta Utara, Rabu (8/3/2023). (Sumber: Tangkapan layar video Kompas TV/Nadia)

Salah seorang ibu yang mendampingi anaknya, Rumsiyah, mengaku anaknya senang mengikuti kegiatan tersebut.

"Senang, karena anak-anak ini kan dalam keadaan trauma, biar pikirannya ilang yang trauma," ujar Rumsiyah.

Ia mengatakan, meski keluarga dan rumahnya selamat dari kobaran api, anaknya mengalami trauma sehingga belum kembali bersekolah.

Penulis : Nadia Intan Fajarlie Editor : Iman-Firdaus

Sumber : Kompas TV


TERBARU