> >

Duduk Perkara Anggota DPR Minta Sumbangan Sarung, Awalnya Sentil Pertamina Kurang Sedekah

Politik | 6 April 2023, 07:12 WIB
Anggota Komisi VII DPR, Ramson Siagian yang viral karena sumbangan sarung (Sumber: Kompas TV)

JAKARTA, KOMPAS.TV - Viral Anggota Komisi VII DPR Ramson Siagian curhat soal kini sulit mendapatkan sumbangan sarung ke PT Pertamina, padahal sebelumnya gampang. Curhatan itu meluncur saat Rapat Dengar Pendapat (RDP) di Senayan, Selasa (4/2023) kemarin.

Ramson Siagian, anggota DPR RI asal Fraksi Gerindra itu mencontohkan, dalam beberapa tahun terakhir, dirinya susah dapat sumbangan dari Pertamina. Padahal, ia minta sarung dan sebelummya pernah dikasih hanya cukup lewat WhatsApp saja.

WhatsApp itu ditujukan kepada Direktur Utama PT Pertamina Nicke Widyawati dan dulu langsung dikasih 2.000 sarung. Kini, minta sumbangan susah di era Menteri BUMN Erick Thohir.

Padahal, kata Ramson, harusnya sarung-sarung pemberian sumbangan dari Pertamina itu akan diberikan sebagai bantuan kepada masyarakat di daerah pemilihan (Dapil) atau konstituen dia.

Adapun Ramson Siagian adalah anggota dewan dari Partai Gerindra dengan Dapil Jawa Tengah 10 yang meliputi Kabupaten Batang, Kabupaten Pekalongan, Kabupaten Pemalang, dan Kota Pekalongan.

Baca Juga: Gerindra Bakal Marahi Anggotanya di DPR Minta Sarung ke Pertamina: Gua Omelin, Gitu Aja Minta

Berawal dari Sindiran Politisi Golkar soal Sedekah Pertamina

Awal soal sumbangan Sarung DPR RI dari Ramson ini sebenarnya bentuk respons saat anggota Komisi VII dari Partai Golkar, Muhammad Nasir, menyeintil musibah ledakan yang terjadi di Pertamina akibat kurang sedekah. 

"Karena bulan puasa, bulan Ramadan berkah, seperti yang disampaikan Pak Gandung (Gandung Pardiman, Fraksi Golkar) tadi harus banyak doa," ucap Nasir dilihat dari Youtube Kompas TV Rabu (5/4/2023).

 

"Atau mungkin kurang sedekah, infaqnya mungkin kurang,” jelasnya.

Penulis : Dedik Priyanto Editor : Gading-Persada

Sumber : Kompas TV


TERBARU