> >

BMKG Jelaskan Penyebab Sinar UV di Indonesia Masuk ke Level Bahaya

Peristiwa | 25 April 2023, 11:13 WIB
Peringatan BMKG terkait indeks ultraviolet sinar matahari pada Selasa (25/4/2023). (Sumber: Instagram/@infobmkg)

JAKARTA, KOMPAS.TV - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mengeluarkan peringatan terkait tingginya paparan sinar ultraviolet (UV) di Indonesia pada Selasa (25/4/2023) siang hari.

Dalam unggahan di akun Instagram @infobmkg, dijelaskan beberapa gambaran citra indeks sinar UV di Indonesia, mulai pukul 06.00-17.00 WIB.

Pada pukul 11.00-13.00 WIB, gambaran citra indeks sinar UV di Indonesia berwarna merah. Warna merah masuk ke level risiko bahaya sangat tinggi.

Baca Juga: Peringatan BMKG! Sinar UV Hari Ini Jam 11.00-13.00 WIB Masuk Level Berbahaya

Penyebab Sinar UV Tinggi

Koordinator Bidang Diseminasi Informasi Iklim dan Kualitas Udara BMKG Hary Tirto Djatmiko menjelaskan penyebab sinar UV di Indonesia berbahaya.

Ada sejumlah faktor yang menyebabkan tingginya sinar UV yang masuk ke bumi, khususnya pada siang hari.

“Secara umum banyaknya sinar UV yang mencapai ke bumi akan dipengaruhi oleh beberapa faktor,” ujar Hary, Senin (24/4/2023), seperti dikutip dari Kompas.com.

Penyebab sinar UV tinggi salah satunya adalah sudut datang sinar matahari. Hary menerangkan, semakin tegak sudut datang sinar matahari, maka sinar UV semakin banyak yang masuk ke bumi.

Selain itu, posisi lintang tempat juga berpengaruh. Semakin ke kutub, sinar UV akan semakin kecil. Seperti diketahui, Indonesia berada di garis khatulistiwa sehingga paparan sinar UV pun cukup tinggi.

 

Penulis : Fiqih Rahmawati Editor : Desy-Afrianti

Sumber : Kompas.com


TERBARU