> >

Catat 22-23 Agustus, BMKG Peringatkan Masyarakat Pesisir Waspadai Gelombang Tinggi hingga 6 Meter

Peristiwa | 22 Agustus 2023, 11:46 WIB
Ilustrasi: Warga melihat gelombang tinggi di dermaga Pangkalan Pendaratan Ikan (PPI) Beba, Kabupaten Takalar, Sulawesi Selatan, Minggu (26/2/2023). ANTARA FOTO/Arnas Padda/foc/pri. (Sumber: ANTARA/ARNAS PADDA)

JAKARTA, KOMPAS.TV - Pihak Badan Meteorologi Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mengeluarkan peringatan kepada masyarakat pesisir tentang kemungkinan terjadinya gelombang tinggi dengan ketinggian mencapai 6 meter pada tanggal 22-23 Agustus 2023.

Gelombang dengan ketinggian 4 hingga 6 meter berpeluang terjadi di Samudera Hindia Barat Lampung dan Samudera Hindia Selatan Banten.

Kepala Pusat Meteorologi Maritim, Eko Prasetyo mengingatkan masyarakat untuk selalu waspada terhadap kondisi tersebut. 

Terutama bagi mereka yang tinggal dan beraktivitas di sekitar area yang berisiko mengalami gelombang tinggi.

Baca Juga: Edarkan Pil Koplo, Nelayan di Rembang Ditangkap Polisi

"Dimohon kepada masyarakat yang tinggal dan beraktivitas di pesisir sekitar area yang berpeluang terjadi gelombang tinggi agar tetap selalu waspada," jelas Eko, Selasa (22/8/2023) dikutip dari Antara.

Eko menjelaskan, pola angin menjadi salah satu faktor utama yang menyebabkan peningkatan peluang gelombang tinggi.

Pola angin di wilayah Indonesia bagian utara cenderung bergerak dari selatan-barat daya dengan kecepatan angin berkisar antara 5-20 knot.

Baca Juga: Pakar BMKG Ungkap Jenis hingga Penyebab Gempa Banten M 5,7 Hari Ini

Sementara itu, di wilayah Indonesia bagian selatan, pola angin lebih cenderung bergerak dari timur-tenggara dengan kecepatan angin berkisar antara 5-25 knot.

Penulis : Danang Suryo Editor : Deni-Muliya

Sumber : Antara


TERBARU