> >

Yusril Yakin Prabowo Akan Masuk ke Putaran Kedua Pilpres 2024

Rumah pemilu | 27 Agustus 2023, 08:04 WIB
Yusril Ihza Mahendra. Pria yang juga Ketua Umum Partai Bulan Bintang (PBB) itu meyakini bila Ketua Umum Prabowo yang didukung oleh PBB sebagai bakal capres akan masuk ke putaran kedua Pilpres 2024. (Sumber: Tribunnews.com)

JAKARTA, KOMPAS TV - Ketua Umum Partai Bulan Bintang (PBB) Yusril Ihza Mahendra meyakini bila Ketua Umum Prabowo yang didukung oleh PBB sebagai bakal capres akan masuk ke putaran kedua Pilpres 2024. 

Ia menjelaskan, kini terlihat akan ada tiga bakal capres, yaitu Ganjar Pranowo, Anies Baswedan dan Prabowo. 

“Dari 3 pasangan (bakal) capres yang maju, InsyaAllah kalkulaksi PBB, Prabowo akan masuk ke putaran kedua. Dan pada waktu putaran kedua, kita lihat pasangan yang kalah akan masuk ke siapa. Baik ke calon A atau B. Tapi yang jelas calon yang kalah akan bergabung ke Pak Prabowo,” kata Yusril dalam keterangannya, Sabtu (26/8/2023). 

Baca Juga: Partai Gelora Jadwalkan Deklarasi Dukung Prabowo Subianto 2 September

“Jika sejak awal hanya ada 2 paslon, berarti ada paslon yang ketiga yang gagal. Pengikut yang gagal ini akan lari ke mana? Kami kalkulasi, tidak mungkin lari ke sebelah, pasti lari ke Pak Prabowo. Jadi dari segala kalkulasi rasional Pak Prabowo punya potensi untuk menang,” sambungnya. 

Yusril menyebut, keputusan PBB untuk mencalonkan Prabowo di pesta demokrasi itu bukanlah keputusan yang tiba-tiba. 

Menurut dia, majelis syuro PBB yang di dalamnya para ulama, tokoh cendikiawan, tokoh pemikir Islam, serta seluruh jajaran DPP PBB telah mendiskusikan secara matang.

“Kalkulasi ini memerlukan proses berbulan-bulan untuk didiskusikan, membahas, mengkaji dan juga kita bermunazat kepada Allah SWT semoga kita diberikan satu hidayah serta petunjuk dalam mengambil keputusan ini kita tidak salah,” kata mantan Mensesneg ini.

Yusril mengatakan, dirinya menyerahkan sepenuhnya kepada Prabowo ihwal sosok bakal cawapres yang akan ia pilih di Pilpres 2024. 

Ia menyatakan, pasangan Prabowo nanti harus bisa mendongkrak suara di kalangan pemilih yang belum memilihnya. 

Penulis : Fadel Prayoga Editor : Gading-Persada

Sumber : Kompas TV


TERBARU