> >

Rute Kereta Cepat Bakal Dibangun hingga Surabaya via Jogja-Solo, Menhub: Jakarta-Surabaya 4 Jam

Peristiwa | 29 September 2023, 21:45 WIB
Presiden Jokowi bersama sejumlah menteri saat menjajal Kereta Cepat Jakarta-Bandung pada Rabu (13/9/2023). Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Pandjaitan menyatakan bahwa pemerintah RI berencana memperpanjang rute kereta cepat hingga Surabaya, Jawa Timur. Perpanjangan rute kereta cepat tersebut saat ini sedang dikaji oleh pemerintah. (Sumber: Presidenri.go.id)

JAKARTA, KOMPAS.TV - Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Pandjaitan menyatakan bahwa pemerintah RI berencana memperpanjang rute kereta cepat hingga Surabaya, Jawa Timur. Perpanjangan rute kereta cepat tersebut saat ini sedang dikaji oleh pemerintah.

"Presiden memerintahkan kita untuk membuat studi mengenai kelanjutan Kereta Cepat Jakarta-Bandung sampai Surabaya. Nanti melalui Kertajati, melalui Jogja, Solo, dan Surabaya," kata Luhut saat menghadiri acara Hub Space 2023 di JCC Senayan, Jakarta, Jumat (29/9/2023).

Luhut menambahkan, Kereta Cepat Jakarta-Bandung (KCJB) akan diresmikan oleh Presiden RI Joko Widodo pada 2 Oktober mendatang. Saat ini KCJB tengah menempuh uji coba tahap dua. Masyarakat bisa naik kereta cepat gratis selama uji coba.

Baca Juga: Peresmian Kereta Cepat Whoosh 2 Oktober, Luhut: Launching akan Dilakukan Bersama Presiden Xi Jinping

KCJB sendiri rencananya baru akan meayani rute dari Stasiun Halim, Jakarta ke Stasiun Tegalluar, Kabupaten Bandung. Dibutuhkan perjalanan sekitar 30 kilometer ke Kota Bandung dari Stasiun Tegalluar.

Berdasarkan uji coba dua pekan belakangan, KCJB disebut membutuhkan waktu hanya 30 menit dari Stasiun Halim ke Tegalluar. 

Sebelumnya, Menteri Perhubungan RI Budi Karya Sumadi juga pernah menyatakan bahwa pemerintah berencana memperpanjang rute kereta cepat hingga Surabaya. Menurutnya, dengan kereta cepat, perjalanan Jakarta-Surabaya bisa ditempuh dalam waktu 4 jam seperti pesawat udara.

"Kereta cepat juga gitu, kok, dibangun cuma Jakarta-Bandung banyak kok-nya, tapi kalau kita yakin ini akan kita bangun (kereta cepat) Jakarta-Surabaya," kata Budi Karya dikutip Kompas.com.

Mengenai wacana kereta cepat Jakarta-Surabaya, Budi Karya belum menjelaskan lebih lanjut mengenai realisasi rencana tersebut, termasuk sumber pendanaan.

Apabila terealisasi, kata dia, rute kereta cepat Jakarta-Surabaya akan menghubungkan sejumlah pusat ekonomi di Pulau Jawa. Konsep pembangunan rute kereta cepat ini dimulai dari Jakarta, Karawang, Bandung, Kertajati, Purwokerto, Yogyakarta, Solo, Madiun, dan Surabaya.

Penulis : Ikhsan Abdul Hakim Editor : Gading-Persada

Sumber : Kompas TV


TERBARU