> >

Megawati Singgung Upaya Penghijauan yang Dilakukan Arab Saudi: Apa Ndak Malu Kita?

Politik | 1 Oktober 2023, 19:13 WIB
Ketua Umum PDI Perjuangan atau PDIP Megawati Soekarnoputri saat menutup Rakernas IV PDIP di JIExpo Kemayoran, Jakarta, Minggu (1/10/2023). (Sumber: Antara)

JAKARTA, KOMPAS.TV - Ketua Umum PDI Perjuangan (PDIP) Megawati Soekarnoputri menyinggung upaya penghijauan yang dilakukan Arab Saudi saat menutup Rakernas IV PDIP di JIExpo Kemayoran, Jakarta, Minggu (1/10/2023).

"Saya nanti dapat undangan ke Saudi Arabia. Dan di sana yang namanya perdana menterinya, Pangeran Mohammad Bin Salman, itu telah memberi pesan bahwa apa, sekarang itu ada konsep untuk menghijaukan Timur Tengah," ungkap Megawati, dipantau dari siaran Breaking News KOMPAS TV.

Ia lalu bertanya kepada hadirin apakah mereka bisa membayangkan Timur Tengah yang wilayahnya banyak ditutupi padang pasir, melakukan penghijauan.

"Terbayang tidak? Padahal Timur Tengah itu padang pasir. Tapi buktinya apa? Saya diberi foto-fotonya," tutur Presiden RI kelima itu.

Baca Juga: Cerita Megawati Soekarnoputri yang Tetap Sehat dengan Memakan Umbi-umbian Setiap Hari

Nantinya, kata Megawati, penghijauan itu tidak hanya dilakukan di Arab Saudi tetapi juga negara-negara lainnya di kawasan Timur Tengah.

"Itu bukan Arab Saudi saja lho. Nantinya, yang namanya Suriah, Libya, Irak, dan lain sebagainya, pokoknya Timur Tengah. Apa ndak malu kita?"

Megawati mengatakan, jika Arab Saudi saja bisa, mengapa Indonesia yang tanahnya subur, tidak bisa.

"Kalau mereka saja itu bisa. Karena apa? Niat dan apa? Jiwa juangnya untuk membangun negaranya. untuk bisa hijau royo-royo. Coba dong," ujarnya.

"Lha kalian ada yang belum apa-apa nebangi pohon."

Penulis : Edy A. Putra Editor : Desy-Afrianti

Sumber : Kompas TV


TERBARU