> >

Dari Kasus Sambo-Teddy, Ito Sumardi Optimis Polri Objektif Usut Dugaan Pemerasan oleh Pimpinan KPK

Hukum | 9 Oktober 2023, 10:28 WIB
Foto Firli Bahuri dan Syahrul beredar di grup WhatsApp, Jumat 6 Oktober 2023. Firli membantah pernah bertemu SYL di Lapangan Bulutangkis. (Sumber: Tribunnews.com)

JAKARTA, KOMPAS.TV - Mantan Kabareskrim Komjen (Purn) Ito Sumardi optimistis Polri objektif mengusut tuntas kasus dugaan pemerasan pimpinan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) terhadap mantan Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo.

Selain itu, kata dia, ada azas equality before the law di mana setiap orang apapun jabatannya harus tunduk pada hukum peradilan yang sama.

Dalam kasus ini, Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo sudah memerintahkan Mabes Polri untuk membantu Polda Metro Jaya menangani kasus dugaan pemerasan pimpinan KPK terhadap Syahrul Yasin Limpo secara objektif dan transparan.

Demikian Ito Sumardi dalam keterangannya di Sapa Indonesia Pagi KOMPAS TV, Senin (9/10/2023).

“Kalau saya pribadi sangat optimis ya Polda Metro, apalagi ada perintah Bapak Kapolri untuk Mabes Polri membackup Polda Metro Jaya, kita tentunya perlu menunggu apa yang dilakukan teman-teman Polda Metro Jaya,” kata Ito.

Baca Juga: Mantan Penyidik KPK Minta Jokowi Nonaktifkan Pimpinan KPK yang Diduga Terlibat Pemerasan

Jurnalis KOMPAS TV Radi Saputro sempat menanyakan lebih lanjut bagaimana posisi Polri jika dalam kasus dugaan pemerasan mantan Mentan Syahrul Yasin Limpo terduganya anggota aktif Polri.

Ito menegaskan Polri punya sejarah cukup jelas dalam menangani kasus-kasus yang terjadi pada sejumlah pimpinan Polri, seperti halnya Ferdy Sambo dan Teddy Minahasa.

“Mengapa saya optimis, karena kita tahu kasus Sambo, kasus Teddy Minahasa dan kasus petinggi lainnya kan ditangani Polri secara objektif, terbuka, dan transparan,” ujarnya.

“Apalagi Kapolri sudah menjamin bahwa masalah ini harus ditangani secara cermat ya, tentunya secara cermat dalam tanda kutip bahwa kita harus juga memberikan rasa keadilan.”

Penulis : Ninuk Cucu Suwanti Editor : Desy-Afrianti

Sumber : Kompas TV


TERBARU