> >

Pemeriksaan Firli Bahuri Berikutnya Diminta Dilaksanakan di Polda Metro, Tepis Kesan Diistimewakan

Hukum | 18 November 2023, 07:40 WIB
Ketua KPK Firli Bahuri tampak mengindari sorotan media usai keluar dari Gedung Rupatama Mabes Polri setelah menjalani pemeriksaan di Lantai VI Dittipidkor Bareskrim Polri, Kamis (16/11/2023). (Sumber: Kompas.com/Rahel)

JAKARTA, KOMPAS.TV - Koordinator Masyarakat Anti Korupsi Indonesia (MAKI) Boyamin Saiman meminta agar ke depan pemeriksaan terhadap Ketua KPK Firli Bahuri dilakukan tidak lagi di Bareskrim Mabes Polri, melainkan di Polda Metro Jaya.

Boyamin menilai, pemeriksaan di Polda Metro Jaya perlu dilakukan untuk menghindari atau menepis kesan adanya diistimewakan.

“Dan nanti kalo ada pemeriksaan lagi dan sebagainya juga harus dilakukan di Polda saja tidak perlu di Bareskrim,” kata Boyamin dalam keterangannya di Jakarta, Jumat (17/11/2023).

Baca Juga: Firli Bahuri Minta Polda Metro Segera Beri Kepastian Hukum soal Statusnya di Kasus Pemerasan SYL

Boyamin mengaku mengamati perkembangan pemeriksaan yang dilakukan penyidik gabungan Subdit Tipikor Ditreskrimsus Polda Metro Jaya dan Dittipidkor Bareskrim Polri terhadap Firli Bahuri.

Menurut Boyamin, pemeriksaan Firli Bahuri yang berlangsung di Bareskrim Polri menunjukkan adanya perlakuan istimewa.

Sebab, kata Boyamin, pimpinan lembaga antirasuah itu pernah dipanggil dua kali namun tidak datang dan tidak juga ditangkap. Kemudian, meminta agar pemeriksaannya dilakukan di Bareskrim.

Dengan perlakuan penyidik yang demikian, Boyamin menuturkan Polri bisa dituduh mengistimewakan Firli Bahuri lantaran menuruti permintaan yang bersangkutan untuk diperiksa di Bareskrim Polri, dan menghindar dari wartawan untuk memberikan keterangan.

“Ini nanti tuduhannya Polri mengistimewakan Pak Firli, padahal setahu saya itu polisi tidak mengistimewakan Pak Filri,” ujarnya. 

Baca Juga: Alasan KPK Tolak Permintaan Polda Metro Jaya untuk Supervisi Kasus Dugaan Firli Bahuri Peras SYL

Penulis : Tito Dirhantoro Editor : Desy-Afrianti

Sumber : Kompas TV


TERBARU