> >

KPU Cari Moderator Debat Capres-Cawapres Pilpres 2024: Sebisa Mungkin yang Terbiasa Hadapi Kamera

Rumah pemilu | 1 Desember 2023, 07:00 WIB
Tiga pasangan calon presiden dan calon wakil presiden saat mengikuti pengundian nomor urut Pilpres 2023 di Gedung KPU RI, Jakarta (14/11/2023). Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI tengah mencari moderator debat calon presiden (capres) dan calon wakil presiden (cawapres) untuk Pilpres 2024 mendatang. (Sumber: Tangkapan layar Kompas TV)

JAKARTA, KOMPAS.TV - Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI tengah mencari moderator debat calon presiden (capres) dan calon wakil presiden (cawapres) untuk Pilpres 2024 mendatang.

Ketua KPU RI, Hasyim Asy’ari mengatakan salah satu kriteria moderator debat peserta Pilpres 2024 adalah seseorang yang sudah terbiasa menghadapi kamera.

Hal ini disampaikannya dalam Rapat Koordinasi Persiapan Debat pasangan capres-cawapres 2024 di Kantor KPU, Jakarta, Kamis (30/11/2023).

"Sebisa mungkin yang sudah terbiasa menghadapi kamera," kata Hasyim.

"Akan tetapi, berdasarkan pengalaman, tampil di depan calon presiden dan para politisi itu tingkat groginya juga bertambah," sambungnya, dikutip dari Antara.

Menurut penjelasannya, KPU terus berkoordinasi dengan pemangku kepentingan, termasuk awak media, dalam menentukan moderator.

Ia pun menegaskan pemilihan sosok moderator yang berfungsi sebagai penengah, penjembatan, pemandu, dan pengendali dalam debat capres/cawapres.

Baca Juga: Ini Jadwal Debat Capres-Cawapres, yang Pertama Tanggal 12 Desember 2023 di Jakarta

Diberitakan Kompas.tv sebelumnya, Debat Calon Presiden dan Wakil Presiden RI akan dilaksanakan sebanyak lima kali, dengan rincian tiga kali untuk capres dan dua kali untuk cawapres.

Ketua KPU Hasyim Asy’ari, menyebut jumlah frekuensi debat tersebut, kata Hasyim, mengacu pada Undang-Undang Nomor 7 Tahun 2017 tentang Pemilu.

Penulis : Isnaya Helmi Editor : Gading-Persada

Sumber : Kompas TV/Antara


TERBARU