> >

Sadar Ganjar Penguasa Jateng 10 Tahun, TKN Prabowo-Gibran: Imbang pun Sudah Lebih dari Cukup

Rumah pemilu | 26 Desember 2023, 20:17 WIB
Jubir TKN Prabwo-Gibran sebut Jawa Tengah dan Bali merupakan basis kekuatan pasangan calon presiden-wakil presiden (capres-cawapres) nomor urut 3 Ganjar Pranowo-Mahfud MD, Selasa (26/12/2023).. (Sumber: Tangkapan layar Kompas TV)

JAKARTA, KOMPAS.TV – Tim Kampanye Nasional (TKN) pasangan calon presiden-wakil presiden (capres-cawapres) nomor urut 2 Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka menyadari bahwa Ganjar Pranowo merupakan penguasa Jawa Tengah selama 10 tahun.

Hal itu disampaikan oleh Hasan Nasbi, juru bicara TKN Prabowo-Gibran dalam dialog Kompas Petang, Kompas TV, Selasa (26/12/2023).

Hasan menegaskan, pihaknya menyadari bahwa Ganjar Pranowo dan PDIP merupakan tuan rumah di wilayah Jawa Tengah. Minimal selama 10 tahun terakhir Ganjar dan PDIP merupakan penguasa di provinsi itu.

Tetapi, kata Hasan, ada sejarah yang menunjukkan bahwa Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) pernah menang di Jawa Tengah dalam Pilpres 2009.

Baca Juga: Prabowo soal Pengungsi Rohingya: Harus Utamakan Kepentingan Rakyat Kita

“Untuk Jawa Tengah kita juga menyadari bahwa ini tuan rumahnya pasti Mas Ganjar. Ada PDIP, ada Mas Ganjar yang menjadi tuan rumah, minimal 10 tahun terakhir mereka menjadi tuan rumah dan penguasa di sana,” bebernya

“Tapi, ada juga sejarah tahun 2009 Pak SBY menang di Jawa Tengah, ketika calon lebih dari dua, Pak SBY menang di Jawa Tengah. Menang satu putaran di Indonesia, di Jawa Tengah juga menang, Mega-Prabowo waktu itu tidak menang di Jawa Tengah.”

Menurut Hasan, pada Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024 ini, Jawa Tengah menjadi prestise tersendiri bagi beberapa pihak.

Terlebih, Jawa Tengah merupakan basis banteng atau PDIP, dan ada Ganjar Pranowo serta Megawati Soekarnoputri di sana.

“Tapi di pihak kami juga ada Pak Jokowi (Presiden RI), yang juga berasal dari Jawa Tengah,” kata dia.

Penulis : Kurniawan Eka Mulyana Editor : Vyara-Lestari

Sumber : Kompas TV


TERBARU