> >

Waspada, BMKG Keluarkan Peringatan Dini Cuaca Ekstrem 4 Januari 2024 di 31 Wilayah Ini

Peristiwa | 4 Januari 2024, 07:39 WIB
Ilustrasi. Potensi cuaca ekstrem di beberapa wilayah Indonesia hari ini, Kamis (4/1/2024), yang dapat menyebabkan banjir dan tanah longsor. (Sumber: Antaranews)

JAKARTA, KOMPAS.TV - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mengeluarkan peringatan dini mengenai potensi cuaca ekstrem dan hujan lebat hari ini, Kamis (4/1/2024).

Dilansir akun Instagram BMKG, cuaca ekstrem berpotensi terjadi di berbagai wilayah Indonesia mulai dari Aceh hingga Papua, hari ini.

BMKG memprakirakan akan terjadi peningkatan cuaca ekstrem hingga pertengahan Januari 2024.

Analisis terkini BMKG menunjukkan adanya dinamika atmosfer yang berpotensi memicu cuaca ekstrem di beberapa wilayah dalam sepekan mendatang.

Cuaca ekstrem ini dikarenakan Monsun Asia Musim Dingin atau musim angin baratan mulai menunjukkan dampaknya terhadap potensi peningkatan massa udara basah di sekitar wilayah Indonesia, sehingga pertumbuhan awan hujan di periode Januari 2024 diprediksikan cukup intens.

Baca Juga: Prakiraan Cuaca Jakarta Hari Ini 4 Januari 2024: Waspadai Hujan Petir di Siang dan Sore Hari

Selain itu, aktivitas Madden Jullian Oscillation (MJO) saat ini sudah mulai memasuki wilayah Indonesia dan dalam sepekan ke depan secara tidak langsung dapat memicu peningkatan potensi hujan sedang-lebat di beberapa wilayah.

Kondisi-kondisi tersebut diperkuat dengan adanya aktivitas gelombang Rossby di wilayah Indonesia bagian barat dan cukup bertahan hingga 5 hari ke depan.

Faktor dinamika lain yang turut memperkuat potensi tersebut adalah terbentuknya pola pertemuan angin dan belokan angin di sekitar wilayah Sumatera, Jawa, dan Kalimantan.

Berikut peringatan dini cuaca ekstrem BMKG untuk hari ini, Kamis, 4 Januari 2024.

Penulis : Dian Nita Editor : Edy-A.-Putra

Sumber : Kompas TV


TERBARU