> >

Anggota Komisi IX DPR: Tragedi Wafatnya Ratusan Petugas KPPS Jangan Terulang Lagi di Pemilu 2024

Rumah pemilu | 26 Januari 2024, 11:52 WIB
Ilustrasi pelantikan KPPS. Pelantikan anggota KPPS Pemilu 2024 dilaksanakan besok, Kamis (25/1/2024) (Sumber: kampungkb.bkkbn.go.id)

JAKARTA, KOMPAS TV – Komisi Pemilihan Umum (KPU) telah melantik secara serentak sekitar lima juta anggota Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) dalam persiapan Pemilu 2024, Kamis (25/1/2024).

Anggota Komisi IX DPR RI Netty Prasetiyani meminta pemerintah melalui Kementerian Kesehatan (Kemenkes) agar menyiapkan langkah antisipasi terhadap terjadinya kelelahan yang dapat beresiko kematian pada petugas KPPS saat hari pencoblosan berlangsung.

Politikus PKS itu mengingatkan agar pemerintah tak mengulangi kesalahan yang sama ketika Pemilu 2019, yakni ratusan petugas KPPS meninggal akibat kelelahan. 

Baca Juga: Penting! Begini Tugas Ketua dan Anggota KPPS Pemilu 2024, Beserta Masa Kerja dan Gajinya

Diketahui, total ada 894 petugas yang meninggal dunia dan 5.175 petugas mengalami sakit pada Pemilu 2019.

“Tragedi wafatnya ratusan petugas KPPS akibat kelelahan pada pemilu 2019 jangan sampai terulang lagi. Pemerintah harus lakukan antisipasi agar tidak ada lagi petugas yang kelelahan dan meninggal pada pemilu 2024,” kata Netty kepada wartawan, Jumat (26/01/2024).

Oleh sebab itu, Kemenkes dan KPU, harus aktif berkoordinasi untuk membahas antisipasi kelelahan para petugas KPPS.

“Adanya posko atau petugas kesehatan di setiap TPS, ambulans keliling dengan tim kesehatan, skrining kesehatan petugas KPPS dan lainnya harus menjadi langkah antisipasi yang dipertimbangkan sejak sekarang,” katanya.

Netty mengimbau agar Kemenkes dan KPU untuk sudah memetakan daerah-daerah yang dinilai fasilitas kesehatannya belum memadai.

“Terutama di daerah-daerah yang fasilitas kesehatannya belum merata dan lokasinya sulit dijangkau, maka ini harus menjadi perhatian serius dari pemerintah,” katanya.

Penulis : Fadel Prayoga Editor : Desy-Afrianti

Sumber : Kompas TV


TERBARU