> >

Masuk Kabinet, SBY Kasih 3 Mandat ke AHY: dari Soal Etos Kerja hingga Sukseskan Pemerintahan Jokowi

Politik | 21 Februari 2024, 22:42 WIB
Presiden Joko Widodo (Jokowi) melantik Hadi Tjahjanto sebagai Menko Polhukam dan Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) sebagai Menteri ATR/BPN di Istana Merdeka, Rabu (21/2/2024). (Sumber: Tangkapan layar Kompas TV)

JAKARTA, KOMPAS.TV - Partai Demokrat resmi bergabung di pemerintah setelah Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) dilantik menjadi Menteri Agraria dan Tata Ruang/Kepala Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN). 

Ketua Umum Partai Demokrat itu dilantik Presiden Joko Widodo di Istana Negara, Rabu (21/2/2024). AHY dilantik bersama Hadi Tjahjanto, yang ditunjuk Jokowi sebagai Menko Polhukam, jabatan yang ditinggal Mahfud MD. 

Sebelum pelantikan, AHY mengaku mendapat mandat dari Ketua Majelis Tinggi Partai Demokrat sekaligus Presiden ke-6 RI Susilo Bambang Yudhoyono (SBY). 

Ada tiga mandat yang diberikan SBY. Pertama SBY meminta putranya yang kini masuk di pemerintahan untuk mensukseskan pemerintahan Jokowi-Ma'ruf Amin di akhir masa periode. 

"Beliau (SBY) berpesan agar kesempatan yang baik ini bisa menjadi ruang yang baik buat keluarga besar Partai Demokrat untuk menyukseskan pemerintahan Presiden Jokowi di masa akhir jabatannya, sekaligus menjadi bagian penting dari transisi kepemimpinan bangsa ke depan secara nasional," ujar AHY, usai dilantik di Istana Negara, Rabu (21/2). Dikutip dari Antara.

Baca Juga: Ucap Hadi Tjahjanto dan AHY Usai Dilantik Jadi Menteri Jokowi

Mandat kedua yakni, SBY meminta AHY bekerja sebaik-baiknya dalam menjalankan amanah menteri di Kabinet Indonesia Maju dan membantu Presiden Jokowi.

AHY menjelaskan SBY memahami urusan pemerintahan sangat kompleks dan tidak ada satu pun pihak yang bisa berdiri sendiri. Untuk itu SBY memintanya untuk bisa menjalin komunikasi dan bekerja dengan baik. 

"Beliau mengharapkan saya bisa bekerja dengan baik, secara profesional menunjukkan etos kerja, dedikasi, dan komitmen untuk bekerja sebaik-baiknya di Kementerian ATR/BPN ini," ujar AHY.

Mandat terakhir yakni meminta AHY untuk bisa menjalin komunikasi dengan baik dengan pemimpin lintas sektor.

Penulis : Johannes Mangihot Editor : Gading-Persada

Sumber : Kompas TV/Antara


TERBARU