> >

BMKG Peringatkan Potensi Cuaca Ekstrem dan Puting Beliung di 25 Wilayah 27-29 Februari 2024

Peristiwa | 27 Februari 2024, 10:13 WIB
Ilustrasi hujan dan angin kencang. BMKG mengimbau waspada potensi cuaca ekstrem berupa angin puting beliung, kilat dan petir serta hujan es di musim Pancaroba (Sumber: Tribunnews)

JAKARTA, KOMPAS.TV - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) telah mengumumkan peringatan dini tentang potensi terjadinya angin puting beliung dan kondisi cuaca ekstrem lainnya di berbagai wilayah di Indonesia.

Periode ini diprediksi berlangsung dari 27 Februari hingga 29 Februari 2024, sebagai bagian dari fenomena cuaca ekstrem yang sering terjadi pada akhir Februari.

Baca Juga: Info Cuaca Hari Ini Selasa 27 Februari 2024: Jakarta Berawan Tebal

Kepala BMKG Dwikorita Karnawati menyerukan kepada seluruh masyarakat untuk mengambil langkah preventif menghadapi potensi cuaca ekstrem.

Hal ini sangat penting, terutama menjelang transisi musim dari hujan ke kemarau yang diperkirakan terjadi pada Maret hingga April 2024.

Baca Juga: Cuaca Ekstrem, BPBD Sleman Ajukan Perpanjangan Status Siaga Darurat Bencana

Kondisi ini bisa memicu munculnya hujan lebat yang singkat namun intens, disertai dengan kilat/petir dan angin kencang, termasuk angin puting beliung.

"Seperti hujan lebat dalam durasi singkat yang dapat disertai kilat/petir dan angin kencang, angin puting beliung, dan fenomena hujan es," jelas Dwikorita dikutip dari Kompas.com Minggu (25/2/2024).

Baca Juga: Saat 2 Mahasiswa Unpad Tersambar Petir, Cuaca di Lokasi Hujan Rintik-Rintik

Perubahan musim menyebabkan kondisi yang kondusif untuk pembentukan awan kumulonimbus, yang sering dikaitkan dengan cuaca ekstrem di Indonesia.

Penulis : Danang Suryo Editor : Gading-Persada

Sumber : Kompas TV, bmkg.go.id


TERBARU