> >

Syarat dan Cara Daftar Mudik Motor Gratis Lebaran 2024, Lintas Pelayanan hingga Jawa Timur

Humaniora | 2 Maret 2024, 12:05 WIB
Mudik motir gratis lebaran atau Motis 2024 kembali dibuka, ini jadwalnya (Sumber: Instagram/ditjenperkeretaapian)

JAKARTA, KOMPAS.TV - Direktorat Jenderal Perkeretaapian (DJKA) Kementerian Perhubungan mengadakan program angkutan mudik motor gratis (motis) untuk periode Lebaran 2024 tahun ini.

Rencananya, pendaftaran program motis ini bakal dibuka mulai Senin 4 Maret 2024 hingga Kamis 18 April 2024.

Akun Instagram @ditjenperkerataapian, Jumat (1/3/2024) kemarin juga menginfokan kabar serupa  dengan tambahan memperpanjang lintas pelayanan Motis 2024 hingga Jawa Timur.

"Halo #SahabatDJKA! Siapa nih yang udah gak sabar mudik bareng Motis 2024? Tahun ini, Motis kembali diselenggarakan dengan lintas pelayanan yang diperpanjang hingga Jawa Timur. Simak tanggal pendaftarannya, ya!" tulis akun tersebut.

Sementara itu, Direktur Lalu Lintas dan Angkutan Kereta Api Arif Anwar mengatakan, pendaftaran program motis Lebaran 2024 melalui website mudikgratis.dephub.go.id.

Selain itu pendaftaran juga bisa dilakukan secara langsung atau go show di setiap stasiun keberangkatan.

"Pendaftaran pertama adalah menggunakan website mudik gratis yang kemudian nanti diverifikasi ke tempat-tempat pendaftarannya tadi, pada saat rekan-rekan menyerahkan kendaraannya," kata Arif dalam konferensi pers Penyelenggaraan Angkutan Motor Gratis Masa Lebaran 2024, di Jakarta, dikutip dari Tribunnews.com, Jumat.

Menurut Arif, pendaftaran secara langsung memiliki pembatasan berdasarkan kuota penumpang harian yang sesuai dengan stasiun keberangkatan. 

Selain itu, pendaftaran hanya dapat dilakukan maksimal H-1 atau 24 jam sebelum waktu keberangkatan.

Kemudian setelah melakukan pendaftaran, penumpang harus melakukan verifikasi dengan membawa sejumlah dokumen terkait seperti Kartu Tanda Penduduk (KTP), Surat Tanda Nomor Kendaraan (STNK), Surat Izin Mengemudi (SIM) dan Kartu Keluarga (KK).

Penulis : Rizky L Pratama Editor : Vyara-Lestari

Sumber : Kompas TV


TERBARU