> >

Saat Sekjen PBNU Pilih Apresiasi Langkah NasDem yang Terima Hasil Pemilu dan Prihatin Sikap PKB

Politik | 21 Maret 2024, 22:00 WIB
Sekjen PBNU Saifullah Yusuf. Pengurus Besar Nahdlatul Ulama menyampaikan sikap atas hasil Pemilu 2024. (Sumber: Dok. PBNU)

JAKARTA, KOMPAS.TV - Sekretaris Jenderal Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (Sekjen PBNU) Saifullah Yusuf atau Gus Ipul menyebut sikap Ketua Umum Partai NasDem, Surya Paloh, layak ditiru oleh Partai Kebangkitan Bangsa (PKB).

Pernyataan Gus Ipul tersebut disampaikan menanggapi langkah Ketua Surya Paloh yang langsung menyampaikan pernyataan sikap menerima hasil pemilu dan pilpres.

“Bang Surya Paloh negarawan. Saya sangat mengapresiasi dan ini layak ditiru oleh PKB,” kata Gus Ipul, dikutip dari keterangan tertulis yang diterima di Jakarta, Kamis (21/3/2024) dikutip dari Antara.

Gus Ipul mengaku prihatin karena PKB yang selama ini mengeklaim partai warga NU, tidak segera menyampaikan pendapat dengan menerima hasil pilpres.

Baca Juga: Ikuti Surya Paloh, PKS Ucapkan Selamat ke Prabowo-Gibran

Menurut Gus Ipul, mengakui hasil pilpres merupakan bentuk apresiasi terhadap pilihan rakyat, sekaligus wujud menghargai kinerja Komisi Pemilihan Umum (KPU).

“Ini soal cara berpikir. Mengakui hasil pilpres sama dengan mengapresiasi pilihan rakyat dan kerja KPU bahwa ada masalah itu bisa diproses,” tuturnya.

“Perkara ada pelanggaran, itu yang memutus MK. Ada jalurnya, bukan beropini,” ujarnya.

Ia berpendapat bahwa secara umum pemilu maupun pilpres sudah berjalan dengan baik, dan tidak terjadi gesekan berarti di bawah.

Kepada masyarakat, ia menyampaikan pesan dari para kiai di organisasi keagamaan tersebut, yang mengimbau agar menghormati hasil pilpres.

Penulis : Kurniawan Eka Mulyana Editor : Gading-Persada

Sumber : Antara


TERBARU