> >

BMKG Imbau Masyarakat Waspada Hujan Petir dan Banjir Rob di Sejumlah Wilayah Hari Ini

Peristiwa | 26 April 2024, 08:45 WIB
Ilustrasi kendaraan bermotor dan pesepeda melintas menembus derasnya hujan. BMKG meminta masyarakat mewaspadai cuaca ekstrem berupa hujan deras disertai petir yang terjadi di sejumlah daerah di Indonesia pada hari ini, Jumat (26/4/2024).  (Sumber: Kompas.tv/Ant/Wahyu Putro)

JAKARTA, KOMPAS.TV - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mengingatkan masyarakat untuk mewaspadai potensi hujan petir dan banjir rob yang diperkirakan akan melanda sejumlah wilayah di Indonesia hari ini, Jumat (26/4/2024).

Prakirawan BMKG, Nurul Tazaroh, menyampaikan prediksi cuaca terkini untuk berbagai kota besar di Tanah Air.

Menurut BMKG, angin permukaan di wilayah Indonesia umumnya bertiup dari arah timur dengan kecepatan berkisar antara 10 hingga 50 kilometer per jam.

Baca Juga: Ganjar Sebut Ada Kemungkinan PDIP Berada di Luar Pemerintahan

"Prediksi angin permukaan di wilayah Indonesia umumnya bertiup dari arah timur dengan kecepatan berkisar antara 10 hingga 50 kilometer per jam," kata Nurul dikutip dari Antara.

Di Pulau Sumatra, hujan ringan hingga sedang berpotensi turun di Pekanbaru, Padang, Tanjung Pinang, dan Medan, sedangkan Banda Aceh diperkirakan berawan. Sementara itu, Bengkulu, Jambi, Palembang, Bandar Lampung, dan Pangkal Pinang diwaspadai untuk hujan petir.

Baca Juga: Surya Paloh Tegaskan Nasdem Dukung Pemerintahan Prabowo-Gibran

Wilayah Jawa juga berpotensi mengalami hujan petir, terutama di Jakarta, Bandung, dan Surabaya. Hujan sedang diprediksi akan mengguyur Serang dan Yogyakarta, sementara Semarang diperkirakan langit akan berawan.

Cuaca di Kepulauan Sunda Kecil cenderung bervariasi, dengan hujan ringan berpotensi turun di Denpasar, hujan sedang di Mataram, dan cerah berawan di Kupang.

Baca Juga: Remaja Perempuan Ditemukan Tewas di Hotel, Polisi: Ada Dugaan Penyalahgunaan Narkoba dan Pencabulan

Penulis : Danang Suryo Editor : Gading-Persada

Sumber : Kompas TV, Antara


TERBARU