> >

Hasto Diperiksa Beruntun di Polda dan KPK, Ronny Talapessy: Ini Jelas Sangat Politis

Hukum | 13 Juni 2024, 11:52 WIB
Sekretaris Jenderal (Sekjen) PDI Perjuangan (PDIP) Hasto Kristiyanto di Gedung KPK, Senin (10/6/2024) sore. (Sumber: Tangkap Layar Kompas TV.)

JAKARTA, KOMPAS.TV- Kuasa Hukum Sekretaris Jenderal PDI Perjuangan Hasto Kristiyanto, Ronny Talapessy,  menilai pemeriksaan terhadap kliennya yang terjadi secara beruntun sangat politis.

Ronny pun menduga ada kekuatan yang mempengaruhi institusi hukum demi kepentingan politiknya.

Demikian Kuasa Hukum Hasto Kristiyanto, Ronny Talapessy dalam keterangan tertulis kepada Kompas TV, Kamis (13/6/2024).

“Pemeriksaan beruntun ini jelas sangat politis,” kata Ronny.

“Dugaan kami ada kekuatan yang cawe-cawe dan menggunakan institusi hukum untuk kepentingan politiknya. Kritik-kritik mendasar Sekjen belakangan ini dianggap mengganggu kepentingan politik mereka.”

Baca Juga: Jokowi: Satgas Judi Online Sebentar Lagi Selesai Dibentuk

Selain itu, Ronny menilai pemanggilan dan pemeriksaan ini sengaja dilakukan institusi penegak hukum terhadap kliennya untuk mengganggu konsentrasi menghadapi Pilkada Serentak 2024.

“November ini ada pilkada serentak. Pemeriksaan ini mengganggu konsentrasi dan konsolidasi PDI Perjuangan. Seorang Sekjen diganggu oleh panggilan polisi dari pelapor yang tidak dikenal dan panggilan KPK soal Harun Masiku,” ucap Ronny.

“Tapi rakyat Indonesia sudah tahu siapa yang belakangan suka cawe-cawe dan abuse of power.”

Sebelumnya, Hasto Kristiyanto memang menjalani pemanggilan dan pemeriksaan atas laporan seseorang di Polda Metro Jaya. Kemudian di hari saat selesai menjalani pemeriksaan, Hasto mengungkapkan menerima undangan dari KPK untuk hadir menjadi saksi kasus Harun Masiku.

Penulis : Ninuk Cucu Suwanti Editor : Iman-Firdaus

Sumber : Kompas TV


TERBARU