> >

Masjid Istiqlal Sembelih 72 Hewan Kurban, Sapi Milik Jokowi yang Pertama

Peristiwa | 18 Juni 2024, 11:22 WIB
Sapi kurban milik Presiden Jokowi saat akan disembelih di Masjid Istiqlal, Jakarta, Selasa (18/6/2024). (Sumber: Kompas.com/Shela Octavia)

JAKARTA, KOMPAS.TV - Masjid Istiqlal, Jakarta, mulai melakukan penyembelihan hewan kurban Iduladha 1445 H/2024 pada hari ini, Selasa (18/6/2024).

Pemotongan hewan kurban tersebut telah dilaksanakan sejak pukul 07.30 WIB.

Juru bicara (jubir) Masjid Istiqlal, Ismail Cawidu, menyebut terdapat 72 hewan kurban yang disembelih.

"Hari ini ada 60 ekor sapi yang masuk ke panitia kemudian 12 ekor kambing," kata Ismail, Selasa, seperti dilaporkan jurnalis Kompas TV, Dian Silitonga.

Dia mengatakan hewan kurban yang disembelih pertama adalah sapi berjenis Simmental milik Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Kemudian dilanjut dengan penyembelihan sapi milik Wakil Presiden RI Ma'ruf Amin yang berjenis jenis Limosin.

"Hari ini kita sudah mulai melaksanakan penyembelihan hewan kurban dimulai dari sapi Bapak Presiden kemudian diikuti sapi Bapak Wakil Presiden, dan seterusnya," ujarnya.

Ia menyebut daging dari hewan kurban yang disembelih di Masjid Istiqlal nantinya akan dibagikan kepada 25 ribu penerima.

"(Hewam kurban) akan didistribusikan kepada 225 proposal kalau dihitung jumlah jiwanya ada 25.000. Kita berusaha untuk membagi secara proporsional dan mudah-mudahan mereka bisa mendapatkan semua," jelasnya.

Adapun pembagian hewan kurban di Masjid Istiqlal diprioritaskan untuk yatim piatu, rumah tahfidz, dan warga sekitar masjid.

Penulis : Isnaya Helmi Editor : Edy-A.-Putra

Sumber : Kompas TV/Kompas.com


TERBARU