> >

Menpan RB Sebut Pemerintah Siapkan 2 Ribu Formasi CPNS IKN untuk Putra Putri Kalimantan

Politik | 1 Juli 2024, 20:35 WIB
Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan RB), Abdullah Azwar Anas saat memberi laporan INA Digital dalam peluncuran layanan pemerintah berbasis elektronik atau GovTech di Istana Negara, Senin (27/5/2023). (Sumber: KOMPAS TV)

JAKARTA, KOMPAS.TV – Pemerintah akan mengalokasikan lima persen dari 40 ribu formasi calon pegawai negeri sipil (CPNS) Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara untuk putra-putri terbaik Kalimantan.

Penjelasan itu disampaikan oleh Menteri Pendayagunaan Aparatur Sipil Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan-RB) bdullah Azwar Anas, Senin (1/7/2024).

Ia menjelaskan, pemerintah akan membuka formasi untuk 40 ribu CPNS di IKN. Nantinya, kata dia proses seleksi CPNS tersebut dilakukan dengan sistem computer assisted test (CAT).

“Nanti diseleksi amat sangat ketat dengan Sistem CAT, jadi tak ada satupun yang membantu,” ujarnya, dikutip dari laporan jurnalis Kompas TV Cindy dan Gahiyar.

Baca Juga: Progres IKN Jadi Sorotan Jelang HUT RI, Basuki: Rampung 82 Persen

Intinya, kata dia, pemerintah pusat akan memberikan afirmasi terhadap putra putri terbaik Kalimantan.

“Untuk tahap awal akan ada afirmasi 5% untuk putra putri Kalimantan terbaik jadi bagian dari 40 ribu formasi ASN yang dibuka di Juli-Agustus, artinya ada 2000 putra putri kalimantan terbaik di CPNS IKN,” ujarnya.

Ia menegaskan, dua ribu putra putri terbaik Kalimantan tersebut akan diberi ruang afirmasi untuk formasi CPNS fresh graduate.

Kedua, lanjut dia, terkait dengan mutasi dari pemerintah daerah (pemda) lain yang terletak di sekitar IKN.

“Di dalam rapat ini dibahas tidak semua PNS bisa mutasi ke IKN atau Pemdasus IKN, tapi melalui seleksi terbuka secara kompetitif.”

Penulis : Kurniawan Eka Mulyana Editor : Desy-Afrianti

Sumber : Kompas TV


TERBARU