> >

BMKG: Puncak Musim Hujan 2024-2025 Diprediksi Normal, Ini Daftar Lengkap Wilayahnya

Peristiwa | 20 September 2024, 07:15 WIB
Ilustrasi musim hujan. (Sumber: Pexels/Luca Nardone)

JAKARTA, KOMPAS.TV - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) telah merilis prediksi terbaru mengenai musim hujan 2024-2025 di Indonesia.

Menurut lembaga tersebut, puncak musim hujan diperkirakan akan terjadi pada November 2024 hingga Februari 2025, dengan intensitas curah hujan yang tergolong normal di sebagian besar wilayah negara.

Kepala BMKG Dwikorita Karnawati menyampaikan bahwa musim hujan kali ini diproyeksikan datang lebih awal dari biasanya.

"Musim hujan periode ini akan datang lebih awal dari biasanya dengan sifat hujan mayoritas akan berada pada kategori normal," ujar Dwikorita dikutip dari Antara, Kamis (19/9/2024).

Berdasarkan analisis BMKG, sekitar 79,1 persen wilayah Indonesia, yang mencakup 553 zona musim, diprediksi akan mengalami curah hujan dengan intensitas normal.

Ini berarti tidak akan terjadi peningkatan atau penurunan yang signifikan dibandingkan dengan rata-rata musim hujan pada tahun-tahun sebelumnya.

Puncak musim hujan diperkirakan akan terjadi dalam dua periode utama. Periode pertama, yang berlangsung pada November hingga Desember 2024, akan meliputi wilayah Sumatera, pesisir selatan Pulau Jawa, dan Kalimantan.

Sementara itu, periode kedua yang jatuh pada Januari hingga Februari 2025 akan mencakup wilayah Lampung, bagian utara Pulau Jawa, sebagian kecil Pulau Sulawesi, Pulau Bali, Nusa Tenggara Barat, Nusa Tenggara Timur, dan sebagian besar Pulau Papua.

Baca Juga: BMKG: Musim Hujan 2024/2025 Datang Lebih Awal di Sebagian Besar Wilayah Indonesia

Menariknya, BMKG juga mengungkapkan bahwa beberapa wilayah di Indonesia sudah mulai memasuki musim hujan sejak September 2024.

Penulis : Danang Suryo Editor : Desy-Afrianti

Sumber : Kompas TV


TERBARU