> >

Resmi, Suzuki Ingin Mundur dari MotoGP usai Musim 2022 Berakhir

Kompas sport | 12 Mei 2022, 20:41 WIB
Suzuki resmi mengajukan pengunduran diri dari ajang MotoGP usai musim 2022. (Sumber: Twitter @suzukimotogp)

JAKARTA, KOMPAS.TV - Suzuki secara resmi telah memulai diskusi mereka dengan pihak MotoGP untuk berhenti berpartisipasi seusai musim 2022 ini. 

Dalam pernyataannya, Kamis (12/5/2022), pabrikan asal Jepang itu mengakui bahwa mereka ingin mengakhiri kontrak untuk ikut balapan di ajang MotoGP. 

"Suzuki Motor Corporation sedang berdiskusi dengan Dorna mengenai kemungkinan mengakhiri partisipasinya di MotoGP pada akhir tahun 2022," buka pernyataan tersebut. 

Mereka juga membenarkan bahwa masalah keuangan menjadi faktor utama penyebab keinginan Suzuki untuk mundur dari ajang balap motor nomor satu dunia tersebut. 

"Sayangnya, situasi ekonomi saat ini dan kebutuhan untuk memusatkan upayanya pada perubahan besar yang dunia otomotif hadapi di tahun-tahun ini, memaksa Suzuki untuk menggeser biaya dan sumber daya manusia untuk mengembangkan teknologi baru," lanjut Suzuki. 

"Kami ingin mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada Tim Suzuki Ecstar, kepada semua pihak yang telah mendukung kegiatan balap motor Suzuki selama bertahun-tahun dan kepada semua penggemar Suzuki yang telah memberikan dukungan antusiasnya kepada kami."

Sebelumnya Dorna Sports, penyelenggara MotoGP, menanggapi kabar mundurnya Suzuki pada pekan lalu. 

Dorna menyebutkan bahwa Suzuki tidak bisa mundur begitu saja karena masih terikat kontrak hingga 2026.

Baca Juga: Leopard Racing Siap Gantikan Posisi Suzuki di MotoGP

Namun apabila Suzuki memang ingin berhenti, Dorna tidak akan menghalangi karena masih banyak tim lain yang mengantre untuk menggantikan Suzuki. 

Penulis : Rizky L Pratama Editor : Vyara-Lestari

Sumber : Kompas TV


TERBARU