> >

Liga 2 Hadir dengan Format dan Nama Baru Musim Depan, Erick Thohir: Tak Lagi di Bawah Ketek Liga 1

Sepak bola | 5 Maret 2023, 19:54 WIB
Ketua Umum PSSI Erick Thohir berbicara dalam konferensi pers mengenai keputusan bersama sarasehan sepak bola, Minggu (5/3/2023). (Sumber: Tangkapan layar tayangan KOMPAS TV)

 

JAKARTA, KOMPAS.TV - Ketua Umum PSSI Erick Thohir mengungkapkan kompetisi Liga 1 dan Liga 2 musim depan akan hadir dengan format, nama, dan manajemen baru. Erick menyebut sistem baru ini telah disepakati klub-klub partisipan liga sepak bola Indonesia.

PSSI sendiri menggelar Sarasehan Sepak Bola Nasional di Surabaya pada Sabtu (4/3/2023). Sarasehan ini diikuti klub-klub peserta Liga 1 dan Liga 2 dan membahas kompetisi musim depan. 

Erick menyampaikan, Liga 1 dan Liga 2 akan hadir dengan format dan nama baru. Liga 1 akan dinamai Liga Indonesia, sedangkan Liga 2 dinamai Liga Nusantara.

Dalam sarasehan tersebut, klub-klub Liga 1 juga menyepakati pengenalan kembali format play-off empat besar. 

Baca Juga: Media Vietnam Sebut Shin Tae-yong Segera Dipecat PSSI, Erick Thohir: Indonesia Jangan Terprovokasi

Lebih lanjut, Erick menekankan, Liga 2 akan memiliki pengelola yang berbeda dari Liga 1. Ia menyebut para klub pemegang saham akan segera berkumpul untuk menentukan direksi dan manajemen liga.

Ia berjanji PSSI tidak akan mengintervensi proses ini.

"Ini pertama kalinya nanti ada dua (manajemen), tadinya Liga 2 di bawah ketek Liga 1, LIB-nya,” kata Erick dalam konferensi pers hasil Sarasehan Sepak Bola Nasional, Minggu (5/3).

Liga 1 dan Liga 2 pun rencananya akan digelar dengan jangka waktu yang berbeda. Sebagaimana diberitakan Kompas TV sebelumnya, Liga 1 2023/24 sedianya akan berlangsung mulai 14 Juli 2023 hingga April 2024. Sedangkan Liga 2 akan dimulai pada November 2023 hingga Juni 2024.

Penulis : Ikhsan Abdul Hakim Editor : Edy-A.-Putra

Sumber : Kompas TV


TERBARU