> >

SEA Games 2023: Bendera Indonesia Dikibarkan Terbalik, Kamboja Minta Maaf

Sports | 5 Mei 2023, 21:11 WIB
Para penari membawa bendera Indonesia dalam posisi terbalik dalam upacara pembukaan SEA Games XXXII/2023 Kamboja di Morodok Techo National Stadium, Phnom Penh, Jumat (5/5/2023). (Sumber: ANTARA/Arnidhya Nur Zhafira)

PNOM PENH, KOMPAS.TV - Kamboja telah menyatakan permohonan maaf resmi atas kejadian bendera Merah Putih yang terbalik pada pre-show opening ceremony yang disiarkan live di akun YouTube Press Office of The Council of Ministers Cambodia, Jumat (5/5/2023).

Atas adanya insiden tersebut, Komite Olimpiade Indonesia (NOC Indonesia) langsung mengirimkan surat keberatan kepada Panitia Penyelenggara SEA Games 2023 Kamboja (CAMSOC).

Insiden bendera Merah Putih yang dikibarkan terbalik itu bermula saat salah satu penyanyi lokal Kamboja tampil diiringi penari yang membawa bendera 11 negara peserta SEA Games 2023, termasuk Indonesia.

Namun, para penari yang membawa bendera Indonesia terlihat membawa bendera dalam posisi terbalik, warna putih berada di atas dan merah berada di bawah.

Setelah mengirimkan surat keberatan, Pelaksana Tugas Sekretaris Jenderal NOC Indonesia, Harry Warganegara, menjelaskan Kamboja telah menyampaikan permintaan maaf kepada Indonesia atas kejadian bendera Indonesia yang terbalik.

Pihak tuan rumah juga bertindak cepat dan memastikan kejadian serupa tidak terulang di Opening Ceremony.

“Kamboja sudah meminta maaf secara langsung kepada kami, dan bertindak cepat sehingga kejadian tersebut tidak terulang di opening ceremony,” kata Harry dalam rilis dikutip dari Kompas.com Jumat (5/5/2023) malam.

Isi Surat Keberatan Indonesia kepada Kamboja

NOC Indonesia telah mengirimkan keberatan secara resmi melalui surat bernomor 5.5.2/NOC-INA/SET/2023 tertanggal 5 Mei yang ditandatangani Harry Warganegara.

Baca Juga: Bendera Indonesia Terbalik dalam Pre Show Opening Ceremony SEA Games 2023

Surat tersebut ditujukan kepada Sekretaris Jenderal NOC Kamboja dan CEO CAMSOC Vath Chamroeun.

Penulis : Rizky L Pratama Editor : Hariyanto-Kurniawan

Sumber : Kompas.com


TERBARU