> >

DPR RI Setujui Proses Naturalisasi Jay Idzes dan Nathan Tjoe-A-On, Langsung Gabung Timnas Indonesia?

Sepak bola | 4 Desember 2023, 23:00 WIB
Jay Idzes akan melakukan naturalisasi untuk memperkuat timnas Indonesia di sejumlah ajang senior. (Sumber: PSSI)

JAKARTA, KOMPAS.TV - Komisi X dan III DPR RI menyetujui untuk merekomendasi kewarganegaraan kepada dua calon pemain naturalisasi Timnas Indonesia, Jay Idzes dan Nathan Tjoe-A-On. 

Dengan keputusan ini, Jay dan Nathan selangkah lagi dapat membela Timnas Indonesia. 

Hasil itu didapat setelah Komisi X mengadakan rapat kerja dengan Menpora Ario Bimo Nandito Ariotedjo atau biasa disapa Dito Ariotedjo.

Rapat kerja yang berlangsung di Gedung DPR RI, Senayan, Senin (4/12/2023) itu juga dihadiri Sekjen PSSI Yunus Nusi beserta anggota Komite Eksekutif PSSI Ahmad Riyadh dan Sumardji.

"Komisi X DPR RI memutuskan menyetujui rekomendasi Kewarganegaraan RI atas nama Jay Noah Idzes dan Nathan Noel Romejo Tjoe-A-On dengan catatan bahwa penetapan Kewarganegaraan RI ditetapkan oleh instansi yang berwenang berdasarkan ketentuan peraturan perundang-undangan yang berlaku," kata pemimpin sidang Hetifah Sjaifudian dikutip dari laman resmi PSSI, Senin (4/12/2023).

Baca Juga: Bek Tangguh Venezia Jay Idzes Segera Gabung Timnas Indonesia, Bukti Keseriusan Erick Thohir?

"Komisi X DPR RI mendorong Pemerintah dan PSSI agar memperhatikan seluruh catatan dan rekomendasi yang disampaikan oleh pimpinan dan anggota Komisi X DPR RI pada rapat kerja hari ini sebagai langkah untuk membangun prestasi olahraga, khususnya persepakbolaan nasional," imbuh Hetifah.

Meskipun telah menyetujui rekomendasi pindah kewarganegaraan untuk Jay dan Nathan, Komisi X dan III DPR RI memberi catatan kepada PSSI untuk merancang dengan baik pembinaan pemain muda. 

Baca Juga: Jokowi Sebut Indonesia Siap Ajukan Diri Jadi Tuan Rumah Piala Dunia U20 2025

Sekilas tentang Jay Idzes dan Nathan Tjoe-A-On

Untuk diketahui, Jay Idzes merupakan bek tengah berusia 23 tahun yang saat ini membela klub Serie B, Venezia. Jay lahir di Belanda dan memiliki darah Indonesia dari orang tuanya 

Penulis : Gilang Romadhan Editor : Gading-Persada

Sumber : Kompas TV/PSSI


TERBARU