> >

Head to Head Timnas Indonesia vs Jepang, Skuad Garuda Ternyata Pernah Menang 5 Kali, Ini Datanya

Sepak bola | 21 Januari 2024, 15:28 WIB
Asnawi Mangkualam merayakan gol dalam laga Grup D Piala Asia 2023 antara Indonesia vs Vietnam di Stadion Abdullah bin Khalifa, Jumat (19/1/2024). (Sumber: AP Photo/Hussein Sayed)

JAKARTA, KOMPAS.TV - Timnas Indonesia akan menjalani laga pamungkas Grup D Piala Asia 2023 kontra Jepang. Menilik rekor head to head, apakah skuad Garuda pernah menang? 

Bentrok antara Indonesia vs Jepang ini akan berlangsung di Stadion Al Thumama, Qatar pada Rabu (24/1/2024) pukul 18.30 WIB. 

Baik Indonesia atau Jepang sama-sama telah mengoleksi 3 poin dari dua matchday Grup D. Tetapi, Jepang unggul selisih gol (SG) +1 berbanding Indonesia -1. 

Duel ini akan sangat krusial bagi kedua tim, pasalnya pemenang akan lolos otomatis ke babak 16 besar sebagai runner up Grup D. 

Baca Juga: Timnas Indonesia Wajib Waspada, Bintang Liverpool Serukan Kebangkitan Jepang

Di atas kertas, Jepang jauh lebih diunggulkan meraih kemenangan dalam laga ini. Seperti diketahui, tim berjuluk Samurai Biru adalah tim dengan ranking FIFA tertinggi di Asia (17). 

Sementara itu, Indonesia (146) merupakan tim muda dengan ranking FIFA terendah kedua di antara 24 kontestan Piala Asia 2023.

Namun, menurut rekor head to head kedua tim, Indonesia pernah mengalahkan Jepang. 

Melansir data 11v11, Indonesia dan Jepang sudah bersua sebanyak 15 kali di lintas kompetisi. Hasilnya, skuad Garuda pernah 5 kali mengalahkan Samurai Biru. 

Walau demikian, kemenangan-kemenangan Timnas Indonesia atas Jepang terjadi pada masa lampau. 

Penulis : Gilang Romadhan Editor : Vyara-Lestari

Sumber : Kompas TV/11v11/Harian Kompas


TERBARU