> >

Timnas Indonesia Masih Bisa Lolos ke 16 Besar Piala Asia 2023, Ini Syaratnya

Sepak bola | 24 Januari 2024, 23:00 WIB
Pemain Timnas Indonesia, Rizky Ridho Ramadhani, menahan bola yang dilepaskan pemain Timnas Jepang, Takefusa Kubo, dalam laga grup D Piala Asia 2023 di Stadion Al Thumama, Doha, Qatar, Rabu, 24 Januari 2024. Laga Indonesia vs Jepang berkesudahan 1-3. (Sumber: AP Photo/Thanassis Stavrakis)

JAKARTA, KOMPAS.TV - Timnas Indonesia menelan kekalahan dari Jepang dalam laga pamungkas Grup D Piala Asia 2023. Hasil ini memperkecil kans Indonesia lolos ke 16 besar. 

Dalam laga Indonesia vs Jepang yang berlangsung di Stadion Al Thumama, Doha, Rabu (24/1/2024) malam WIB, Garuda menyerah 1-3.

Gol-gol kemenangan Jepang dicetak oleh Ayase Ueda (5' penalti, 54') dan bunuh diri Justin Hubner (88'). Sementara Indonesia mencetak gol hiburan melalui sontekan Sandy Walsh menit ke-90+1. 

Kekalahan ini membuat Indonesia finis di peringkat ketiga Grup D dengan koleksi 3 poin dengan selisih gol -3. Indonesia masih memiliki peluang lolos ke babak 16 besar sebagai empat peringkat ketiga terbaik.

Baca Juga: Hasil Jepang vs Indonesia 3-1: Sandy Walsh Cetak Gol Hiburan, Peluang Skuad Garuda Lolos Tipis

Untuk sementara, Indonesia berada di posisi terakhir klasemen peringkat 3 terbaik. 

Namun, Indonesia harus berharap kepada hasil-hasil pertandingan dari Grup E dan Grup F untuk menyegel tiket fase gugur. 

Lantas, apa saja syaratnya? 

Syarat Timnas Indonesia Lolos ke 16 Besar Piala Asia 2023

Skenario 1 (bergantung hasil Jordania vs Bahrain)

  •  Indonesia akan lolos apabila Bahrain kalah dengan marjin 3 gol (berapapun skornya) dalam laga terakhirnya melawan Jordania.
  • Bahrain kalah 0-2 dari Jordania
  • Bahrain kalah 1-3, tetapi diciplinary point Timnas Indonesia harus lebih baik. Artinya, Bahrain minimal harus mendapatkan 6 kartu kuning dalam laga ini. 

Penulis : Gilang Romadhan Editor : Gading-Persada

Sumber : Kompas TV


TERBARU