> >

Sebelum Turnamen Dimulai, Shin Tae-yong Yakin Anak Asuhnya Lolos Semifinal Piala Asia U23, Kok Bisa?

Sepak bola | 26 April 2024, 15:30 WIB
Pelatih Indonesia U23 Shin Tae-yong memberikan instruksi kepada anak asuhannya pada laga perempat final Piala Asia U23 2024 kontra Korea Selatan, Jumat (26/4/2024) WIB, di Stadion Abdullah bin Khalifa, Doha, Qatar. (Sumber: AFC via Kompas.id)

DOHA, KOMPAS.TV - Capaian bersejarah Timnas Indonesia U23 dengan melaju ke babak semifinal Piala Asia U23 2024 di Qatar ternyata telah diprediksi jauh hari oleh pelatih Shin Tae-yong.

Pria asal Korea Selatan itu mengungkapkan bahwa dirinya sudah yakin skuad Garuda Muda akan mencapai babak empat besar bahkan sebelum turnamen dua tahunan tersebut dimulai pada Senin (15/4/2024) lalu.

Shin Tae-yong mengatakan bahwa prestasinya membawa Indonesia  ke semifinal merupakan pencapaian yang selama ini diyakininya.

Baca Juga: Komentar Jokowi usai Timnas Indonesia Lolos ke Semifinal Piala Asia U23 2024: Sangat Bersejarah!

Hal ini dikarenakan pelatih berusia 53 tahun tersebut mengenal betul kemampuan para pemain asuhannya yang telah bersama-sama dengannya sejak Desember 2019, seperti Rizky Ridho, Ernando Ari, Pratama Arhan, hingga Marselino Ferdinan.

"Ernando (Ari), Rizky (Ridho), (Pratama) Arhan - semua pemain ini (dan banyak lagi) sudah bersama saya selama empat tahun," kata Shin dikutip dari situs AFC Asian Cup, Jumat.

“Saya mengenal mereka dengan sangat baik dan satu-satunya hal yang perlu saya berikan kepada mereka adalah motivasi; Jika saya bisa melakukan itu, saya yakin kami bisa mendapatkan hasil bagus," lanjut Shin.

Baca Juga: Netizen Korea Selatan Geram, Sebut Shin Tae-yong Pengkhianat

Pada pertandingan yang berlangsung di Stadion Abdullah bin Khalifa, Doha, pada Jumat dini hari WIB, Shin Tae-yong berhasil membawa Timnas Indonesia U23 melaju ke semifinal setelah menyingkirkan negaranya sendiri, Korea Selatan, melalui drama adu penalti dengan skor 11-10.

Sebelumnya, kedua tim bermain imbang 2-2 selama 120 menit.

Penulis : Danang Suryo Editor : Gading-Persada

Sumber : Kompas TV


TERBARU