> >

Di Kota Madiun, Gerbong Kereta Api Disulap jadi Ruang Isolasi Pasien Covid-19

Berita daerah | 21 Januari 2021, 11:24 WIB
KERETA ISOLASI-Walikota Madiun, Maidi melihat kondisi kereta medis darurat milik PT INKA yang akan dijadikan sebagai tempat perawatan pasien covid-19. Pemkot Madiun berencana meminjam kereta medis tersebut setelah ruang isolasi di rumah sakit penuh. (Sumber: Dokumentasi Kominfo Kota Madiun via Kompas.com)

MADIUN, KOMPAS.TV- Sebagai langkah mengatasi penuhnya ruang perawatan untuk pasien Covid-19 di sejumlah rumah sakit, Wali Kota Madiun Maidi mengambil langkah unik dengan meminjam gerbong kereta api.

Dipinjam dari dari PT Industri Kereta Api (INKA) yang memang berada di Kota Madiun, sang wali kota menjadikan gerbong-gerbong kereta itu sebagai ruang isolasi bagi pasien Covid-19 di kota tersbeut.

“Saya berterima kasih sekali kepada PT INKA yang menyiapkan gerbong-gerbong kereta untuk ruang isolasi. Insya Allah akan kami pinjam untuk Kota Madiun dan sekitarnya,’’ kata Wali Kota Madiun Maidi dalam keterangan tertulisnya, Rabu (20/1/2021) malam.

Baca Juga: Ratusan Pedagang Pasar Besar Kota Madiun Dites Usap Antigen Corona

Dilansir dari Kompas.com, Maidi bersama stafnya sempat meninjau langsung emergency medical train (EMT) milik PT INKA yang berada di Jalan Yos Sudarso No 71, Kota Madiun.

Peninjauan itu sebagai langkah antisipasi Pemkot Madiun untuk merawat pasien Covid-19 setelah tempat isolasi di rumah sakit penuh.

PT INKA memiliki EMT yang terdiri tiga trainset dengan total 24 gerbong. Rinciannya 18 gerbong untuk pasien dan enam gerbong untuk tenaga medis dan kesehatan.

“Alatnya sudah lengkap dan terus kita koordinasikan untuk tenaga medisnya. Semoga dalam minggu-minggu ini sudah bisa digunakan,” kata Maidi.

Baca Juga: Ada Patung Merlion di Madiun, Ini Alasannya

Meski sudah bersiap meminjam kereta medis darurat itu, Maidi berharap gerbong itu tak pernah terpakai. Dia berharap tak ada lagi penambahan kasus konfirmasi positif Covid-19 di Kota Madiun.

Penulis : Gading-Persada

Sumber : Kompas TV


TERBARU