> >

Aceh jadi Provinsi Termiskin, Kantor Gubernur Penuh dengan Kiriman Bunga Ucapan "Selamat"

Peristiwa | 17 Februari 2021, 16:33 WIB
Kantor Gubernur Aceh ramai oleh keberadaan 10 papan bunga bertuliskan ucapan “Selamat” sebagai sindiran atas predikat Aceh provinsi termiskin di Sumatera. (Sumber: KOMPAS.COM/TEUKU UMAR)

BANDA ACEH, KOMPAS.TV - Kantor Gubernur Aceh ramai oleh keberadaan 10 papan bunga bertuliskan ucapan “Selamat”. Namun, ucapan itu adalah sindiran setelah Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat Aceh menjadi provinsi termiskin di Sumatera.

Papan-papan itu berjejer di pinggir jalan depan kantor Gubernur Aceh. Sebuah papan bertulis “Selamat sukses kepada Gubernur Aceh yang telah berhasil merebut kembali juara termiskin se-Sumatera”.

Sementara, papan lainnya memampang tulisan “Terima kasih Pak Gubernur telah mempersembahkan prestasi juara termiskin se-Sumatera”. Papan terakhir itu berasal dari pengirim dengan nama samaran “mantan penjilat”.

Baca Juga: Bukan Jakarta, Persentase Penduduk Miskin Terendah Ada di Bali

Sebelumnya, BPS Aceh menyatakan, penduduk miskin di Serambi Mekah mencapai 15,43% total penduduk Aceh pada September 2020. Angka kemiskinan ini paling tinggi di Sumatera.

Jumlah penduduk miskin di Aceh bertambah 19 ribu sejak Maret 2020 karena pandemi Covid-19.

“September 2019 tahun lalu sebelum terdampak COVID-19, kemiskinan Aceh sebesar 15,01%, kemudian turun pada Maret 2020 (menjadi) sebesar 14,99%, dan September 2020 dengan adanya pandemi COVID-19 tidak hanya di Aceh tapi juga nasional, kemiskinan Aceh meningkat menjadi 15,43%," kata Kepala BPS Aceh Ihsanurrijal, Senin (15/2/2021).

Bengkulu dan Sumatera Selatan menjadi provinsi termiskin lainnya di Sumatera dengan persentase kemiskinan 15,30% dan 12,98%.

Baca Juga: Dampak Pandemi, Jumlah Penduduk Miskin Indonesia Meningkat

Garis kemiskinan di Aceh sendiri hanya mencapai Rp524.208 per bulan untuk tiap orang.

Penulis : Ahmad-Zuhad

Sumber : Kompas TV


TERBARU