> >

Dinkes DKI Jakarta Siapkan Sekolah Jadi Tempat Vaksin Covid-19 bagi Anak Usia 6-11 Tahun

Peristiwa | 30 November 2021, 17:59 WIB
Ilustrasi Dinas Kesehatan DKI Jakarta berencana menyiapkan sekolah sebagai salah satu sentra vaksinasi Covid-19 bagi anak usia 6-11 tahun. (Sumber: ANTARA/Kompas TV)

JAKARTA, KOMPAS.TV - Dinas Kesehatan DKI Jakarta berencana menyiapkan sekolah sebagai salah satu tempat vaksinasi Covid-19 bagi anak usia 6-11 tahun.

Adapun rencananya vaksinasi Covid-19 untuk anak usia 6-11 tahun akan dilakukan pada Tahun 2022. Sementara detail pelaksanaannya, menurut Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Dinas Kesehatan DKI Dwi Oktavia,  masih menunggu petunjuk teknis dari pemerintah pusat.

"Sekolah menjadi salah satu tempat potensial untuk memberikan layanan vaksinasi kepada anak usia 6-11 tahun," kata Dwi Oktavia dalam seminar vaksinasi anak, Selasa (30/11/2021).

Lebih lanjut Dwi menyatakan bahwa sekolah dijadikan sebagai sentra vaksinasi Covid-19 telah sejalan dengan program pemerintah, yakni Bulan Imunisasi Anak Sekolah (BIAS).

Adapun BIAS, kata Dwi biasanya dilakukan di sekolah sebagai bentuk koordinasi dan kerja sama terkait penyelenggaraan imunisasi rutin yang wajib didapatkan oleh anak usia 6-11 tahun.

Seperti yang dipaparkannya dalam seminar, Dinkes DKI Jakarta telah rutin menyelenggarakan imunisasi di sekolah, meliputi suntik imunisasi DT dan MR yang didapatkan anak kelas 1 SD.

Baca Juga: Kemenkes Ingatkan Orang Tua Anak Usia 6-11 Tahun Lengkapi Imunisasi Sebelum Terima Vaksin Covid-19

Kemudian, imunisasi Td yang didapatkan anak kelas 2 SD. Lalu, suntikan HPV dosis pertama dan Td bagi siswa kelas 5 SD.

Terakhir, imunisasi HPV dosis kedua yang disuntikkan kepada siswa perempuan kelas 6 SD.

Selain itu, Dwi juga menyebut pemilihan sekolah sebagai sentra vaksin Covid-19 juga dilakukan untuk memudahkan akses siswa.

Bahkan, sekolah juga memiliki fasilitas ruang terbuka hingga guru yang dinilai siap untuk menjadi pelaksana vaksinasi Covid-19.

Penulis : Nurul Fitriana Editor : Iman-Firdaus

Sumber : Kompas TV


TERBARU