> >

9 Anggota Ahwa Sudah Terpilih, KH Dimyati Rais Dapat Suara Terbanyak

Muktamar nu | 23 Desember 2021, 23:21 WIB
Sidang pleno penetapan Ahwa untuk memilih Rais Aam PBNU di Muktamar NU ke-34 di Bandar Lampung, Lampung, Kamis (24/12/2021). (Sumber: Panitia Muktamar Nu)

LAMPUNG, KOMPAS.TV - Sembilan anggota Ahlul Halli Wal Aqdi (Ahwa) pada Muktamar ke-34 Nahdlatul Ulama (NU) telah resmi ditetapkan. 

Adapun penetapan ini dilakukan pada Sidang Pleno III di Gedung Serbaguna (GSG) Universitas Lampung (Unila), Bandar Lampung, Kamis (23/12/2021).

Tercatat KH Dimyati Rais berhasil mendapatkan dukungan tertinggi, yakni memperoleh sebanyak 503 suara dari PCNU dan PWNU.

Disusul KH Ahmad Mustofa Bisri dengan perolehan 494 suara, KH Ma’ruf Amin dengan perolehan 458, KH Anwar Manshur dengan perolehan suara 408, TGH Turmudzi Badaruddin dengan perolehan suara 403.

Kemudian, KH Miftachul Akhyar dengan perolehan suara 395, KH Nurul Huda Jazuli dengan perolehan suara 385, KH Ali Akbar Marbun dengan perolehan suara 309, dan KH Zainal Abidin dengan perolehan suara 272.

Sembilan anggota tim Ahwa yang telah terpilih ini akan bertugas memilih Rais Aam NU periode 2021-2026.

Pimpinan sidang Pleno III, Prof Muhammad Nuh menegaskan bahwa hasil tabulasi usulan nama-nama Ahwa di atas oleh PCNU dan PWNU se-Indonesia berdasarkan urutan suara terbanyak. 

Baca Juga: Inilah 9 Ahwa Terpilih Muktamar NU ke-34 Lampung, Ulama Khos yang Memilih Rais Aam PBNU

"Seandainya ada satu atau lebih nama yang diusulkan menjadi anggota Ahwa tidak berkenan, maka urutan nomor 10 dan seterusnya akan naik sebagai pengganti," ujar Nuh, dalam keterangan tertulisnya, Kamis.   

Selanjutnya, Nuh mengatakan, para anggota Ahwa akan mengadakan rapat, baik secara luring (offline) maupun daring (online).

Penulis : Isnaya Helmi Editor : Vyara-Lestari

Sumber : Kompas TV


TERBARU