> >

Satgas Yonif MR 412 Kostrad Bangun 6 Menara Lonceng Gereja di Lanny Jaya Papua

Sosial | 8 Januari 2022, 10:48 WIB
Satu dari enam menara lonceng gereja yang dibangun personel TNI Bharata Satgas Yonif MR 412 Kostrad di Kabupaten Lanny Jaya, Papua. (Sumber: Pendam XVII/Cenderawasih)

JAYAPURA, KOMPAS.TV – Personel TNI Bharata Satgas Yonif MR 412 Kostrad membangun enam menara lonceng gereja di Kabupaten Lanny Jaya, Papua.

Dalam keterangan tertulis Penerangan Kodam (Pendam) XVII/Cenderawasih, Sabtu (8/1/2022), disebutkan, keenam lonceng gereja itu dibangun di sekitar Pos Penugasan Kabupaten Lanny Jaya.

Keenamnya berada di Gereja Pinime di Desa Malagay, Gereja Tipugwi dan Gereja Lowanom di Desa Malagayneri, Gereja Mowi di Balingga, Gereja Manggalome di Desa Tima dan terakhir Gereja Wiyaware di Desa Pirime.

Baca Juga: Dengan Perahu Karet, TNI AL Evakuasi Warga Terdampak Banjir di Papua

Dansatgas Yonif MR 412 Kostrad Letkol Inf Moch. Renaldy H, dalam keterangannya di Distrik Tiom Kabupaten Lanny Jaya Papua, menjelaskan, pembangunan lonceng gereja tersebut berawal dari minimnya sarana gereja di sekitar lokasi, khususnya lonceng.

Lonceng-lonceng gereja hanya menggunakan potongan besi atau tabung oksigen bekas. Akibatnya, jemaat gereja sering terlambat hadir untuk beribadah.

Hal inilah yang membuat Prajurit Satgas 412 tergerak hatinya untuk membangunkan menara lonceng gereja.

Melalui rangkaian ibadah dan acara tradisi bakar batu sebagai bentuk wujud syukur, prosesi acara penyerahan kunci menara lonceng gereja dilaksanakan secara serentak di 6 titik lokasi di Kabupaten Lanny Jaya.

Dansatgas Yonif MR 412 Kostrad berharap menara lonceng gereja yang diberikan ini membawa manfaat dan kedamaian bagi jemaat gereja yang ada di Kabupaten Lanny Jaya.

"Semoga suara-suara lonceng ini bisa menjadi fasilitas untuk memanggil jemaat datang beribadah, sehingga kedamaian di tanah Papua tetap terpelihara,” tuturnya.

Penulis : Kurniawan Eka Mulyana Editor : Edy-A.-Putra

Sumber : Kompas TV


TERBARU