> >

Menhub Targetkan Pelabuhan Patimban Layani Ekspor 160 Ribu Unit Kendaraan pada Tahun Ini

Sosial | 6 Maret 2022, 09:58 WIB
Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi menargetkan Pelabuhan Patimban, Subang, Jawa Barat dapat melayani 160.000 unit kendaraan pada tahun ini. (Sumber: Kemenhub)

SUBANG, KOMPAS.TV – Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi menargetkan Pelabuhan Patimban, Subang, Jawa Barat dapat melayani 160.000 unit kendaraan pada tahun ini.

Total kapasitas car terminal di pelabuhan ini, kata Budi, bisa mencapai 218 ribu unit kendaraan per tahun.

Penjelasan Budi tersebut disampaikan saat memantau aktivitas ekspor di Pelabuhan Patimban, Jawa Barat pada Sabtu (5/3/2022).

“Saat ini car terminal telah aktif berjalan selama 3 bulan dan ditargetkan pada tahun ini mencapai 160.000 unit kendaraan.”

“Adapun total kapasitas terminal ini bisa mencapai 218.000 unit kendaraan pertahun baik internasional maupun domestik/antarpulau," ujarnya, seperti dikutip dari keterangan tertulis Kemenhub.

Baca Juga: Aksi Penolakan Peraturan “Odol” Kemenhub

Ke depannya, pengembangan Pelabuhan Patimban akan terus dilakukan hingga mampu menampung sebanyak 7,5 juta Teus/tahun untuk petikemas dan 600.000 CBU untuk kendaraan.

Pelabuhan Patimban bersama Bandara Kertajati, Kawasan Bekasi, Karawang, Purwakarta, kata dia,  ikut mendukung segi tiga kawasan pertumbuhan ekonomi.

Kawasan-kawasan itu akan saling terkoneksi, saling mendukung satu dengan yang lain, sehingga memiliki daya saing terutama untuk produk-produk ekspor khususnya di bidang otomotif.

"Kita harapkan semakin meningkatkan kehidupan masyarakat, memajukan industri, mendorong ekspor, dan memajukan negara tercinta," lanjut Budi.

Penulis : Kurniawan Eka Mulyana Editor : Purwanto

Sumber : Kompas TV


TERBARU