> >

Seorang Haji Positif Covid-19, Kini Debarkasi Solo Terapkan Swab Antigen Bagi Seluruh Jemaah

Peristiwa | 22 Juli 2022, 07:18 WIB
Ilustrasi. Seorang haji asal Kabupaten Jepara, Jawa Tengah, yang pulang dari tanah suci dinyatakan positif Covid-19. (Sumber: Straits Times)

BOYOLALI, KOMPAS.TV — Seorang haji asal Kabupaten Jepara, Jawa Tengah, yang pulang dari tanah suci dinyatakan positif Covid-19 usai mengikuti tes acak di Asrama Haji Donohudan Boyolali.

Diketahui, jemaah haji itu tergabung dalam kelompok terbang (kloter) tiga dan telah tiba di Debarkasi Solo pada 17 Juli 2022.

Satu jemaah yang dinyatakan positif tanpa gejala itu, kata Koordinator Humas PPIH Embarkasi Solo Sarip Sahrul Samsudin, sudah ditangani oleh tim kesehatan kabupaten setempat.

"Sudah dikomunikasi dengan tim kesehatan daerah. Baru diumumkan karena baru selesai proses observasi tes PCR dan hasilnya positif," kata Sarip kepada wartawan, Kamis (21/7/2022) malam.

Baca Juga: Waktu Tunggu Haji Malaysia Sampai 141 Tahun, Indonesia Dinilai Lebih Beruntung

Ia mengatakan, saat ini seluruh jemaah yang datang di Debarkasi Solo wajib melakukan swab Antigen sebagaimana instruksi dari Kementerian Kesehatan (Kemenkes).

Sarip juga menyebut bahwa kebijakan itu bahkan berlaku di seluruh debarkasi di Indonesia.

Adapun jika ada haji yang dinyatakan positif Covid-19, maka akan segera dikomunikasikan ke tim kesehatan di daerah agar menjalani karantina.

"Ini imbauan dari menkes secara langsung bahwa seluruh embarkasi melakukan tes swab antigen secara keseluruhan," ujarnya.

Sementara itu, hingga saat ini jumlah jemaah haji yang tiba di Tanah Air melalui Debarkasi Solo sudah ada 9 kloter dengan jumlah 3.234 orang.

Penulis : Nurul Fitriana Editor : Iman-Firdaus

Sumber : Kompas TV


TERBARU