> >

Dua Tahun Absen karena Covid, Pawai HUT ke-77 RI di Gili Trawangan Meriah, Turis pun Tak Ketinggalan

Peristiwa | 17 Agustus 2022, 20:00 WIB
Gendang Beleq, kesenian tradisional khas suku Sasak di Lombok, turut memeriahkan arak-arakan pawai perayaan HUT ke-77 RI di Gili Trawangan, Lombok Utara, Nusa Tenggara Barat, Rabu (17/8/2022). (Sumber: Kompas.tv/Vyara)

GILI TRAWANGAN, KOMPAS.TV – Pawai peringatan hari ulang tahun (HUT) ke-77 Republik Indonesia (RI) di Gili Trawangan, Lombok Utara, Nusa Tenggara Barat (NTB), Rabu (17/8/2022) tahun ini, berlangsung meriah.

Maklum, dua tahun berturut-turut sebelumnya, pawai peringatan HUT RI ditiadakan karena pandemi Covid-19 melanda. 

Sejak pukul 15 WITA, ratusan warga yang terdiri dari anak-anak, remaja, hingga dewasa, berbaris dalam rombongan di kawasan selatan pulau.

Anak-anak mengenakan kostum adat hingga profesi macam polisi, dokter, atau tentara cilik. Kaum ibu juga tak ketinggalan.

Sebagian mengenakan pakaian adat seperti kebaya atau baju adat Sasak, ada pula yang mengenakan seragam sekolah mulai tingkat sekolah dasar (SD) hingga sekolah menengah atas (SMA).

Arak-arakan pawai perayaan HUT ke-77 RI di Gili Trawangan, Lombok Utara, Nusa Tenggara Barat, Rabu (17/8/2022). (Sumber: Kompas.tv/Vyara)

“Tahun ini lebih bagus dari tahun-tahun kemarin. Karena kemarin kan Corona, ndak boleh kita kumpul-kumpul. Sekarang boleh,” ujar Mariana, seorang warga Gili Trawangan yang turut serta dalam rombongan pawai dalam balutan seragam SD.

“Pokoknya sekarang kita happy-happy!” seloroh peserta pawai yang lain.

Arak-arakan pawai yang diawali oleh barisan pasukan pengibar bendera (paskibra) itu dimeriahkan oleh Gendang Beleq, musik tradisional suku Sasak di Lombok.

Tak ketinggalan, kesenian khas Lombok Timur, Kecimol, juga turut memeriahkan suasana. 

Turis pun Ikut Pawai

Bahkan, turis pun tak ketinggalan. Tak sekadar menonton, mereka juga ikut berbaur dalam pawai, seperti Lorna dan Louise. Dua gadis asal Irlandia ini tanpa ragu turut berbaur dalam rombongan pawai.

Penulis : Vyara Lestari Editor : Gading-Persada

Sumber : Kompas TV


TERBARU