> >

Irjen Daniel Silitonga Perintahkan Anak Buahnya Tindak Tegas Aksi 1 Desember di Papua Barat

Peristiwa | 1 Desember 2022, 05:45 WIB
Kapolda Papua Barat Inspektur Jenderal Polisi Daniel TM Silitonga. (Sumber: ANTARA/Hans Arnold Kapisa)

MANOKWARI, KOMPAS.TV - Kapolda Papua Barat Irjen Daniel TM Silitonga memerintahkan seluruh jajaran kepolisian di tingkat polres mengambil tindakan tegas terhadap aksi dari kelompok tertentu pada 1 Desember 2022.

Irjen Daniel memerintahkan demikian kepada anak buahnya karena aksi pada 1 Desember tersebut berpotensi mengganggu ketertiban umum.

Baca Juga: Kapolda Papua Barat Himbau Satu Desember Harus Diwarnai Dengan Kegiatan Positif

Karena itu, ia pun mengarahkan jajaran polres agar meningkatkan pengamanan di masing-masing wilayah untuk mencegah terjadinya aksi yang bertentangan dengan ideologi negara Indonesia.

"Jika ada aksi dari kelompok-kelompok tertentu yang berpotensi mengganggu ketertiban umum, akan ditindak tegas sesuai aturan hukum yang berlaku," kata Kapolda Papua Barat melalui keterangan resminya di Manokwari, Rabu (30/11/2022) malam.

Daniel mengakui bahwa di Tanah Papua, termasuk Papua Barat, masih ada kelompok-kelompok tertentu yang memandang 1 Desember sebagai hari bersejarah mereka.

"Saya mengimbau kepada masyarakat Papua Barat, agar tidak ikut-ikutan dalam kegiatan yang melanggar aturan dan mengarah pidana, karena pelanggar akan ditindak tegas. Ini perintah," ujar Kapolda.

Baca Juga: Kapolda Papua Barat Minta Maaf ke Pangdam Kasuari gara-gara Ulah Anak Buah Jilat Kue Ultah untuk TNI

Oleh karena itu, Kapolda Papua Barat mengajak tokoh masyarakat, adat, pemuda, dan tokoh pemuda perempuan agar mengajak para pengikutnya bersama-sama menjaga situasi kondusif di wilayah Papua Barat.

"Masyarakat tetap beraktivitas seperti biasa dan diimbau tidak terprovokasi dengan berbagai ajakan atau isu tentang 1 Desember. Mari wujudkan kedamaian di Tanah Papua Barat ini," kata Daniel.

Penulis : Tito Dirhantoro Editor : Hariyanto-Kurniawan

Sumber : Kompas TV


TERBARU